LIVE TV
Kapolres Tanjab Barat Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial BLT Subsidi BBM, Bantuan Sosial Sembako dan PKH di Kantor Pos Kuala Tungkal Polres Tanjab Barat Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Tahun 2022 Belasan Ruko Hingga Rumah di Kawasan WFC Habis Terbakar WhatsApp, Hari Ini Pengguna Keluhkan WA Error Breaking News : Terjadi 3 Kali Musibah Kebaran di Kota Kuala Tungkal

Home / Tanjab Barat

Kamis, 4 November 2021 - 22:59 WIB

Sempat Juara 3 Lomba Fotografi, Kali ini Ahmad Dhani Asri Menjadi Juari 1, Di Museum Siginjei Jambi

Liputantanjab.com – Ahmad Dani Asri berusia 19 tahun dari Tanjabbar berhasil sebagai pemenang I Lomba Foto yang diadakan Museum Siginjei. (04/11)

Sementara Harapan Pertama diraih Adinda Nabila Al Zahra dengan foto berjudul “Ragam Hias Dinding Masjid Kuno Lempur Mudik”.

Lomba Foto diadakan Museum Siginjei selama bulan Oktober 2021. Kemarin lusa (3/11) dinilai tiga dewan juri yaitu Dra.Jafar Rassuh (Budayawan) Dayu Agy Saputra (APFI propinsi Jambi) dan Sakti Alam Watir (Wartawane Budaya).

Pemenang I Lomba foto karya Ahmad menceritakan, Penangkapan ikan peninggalan datuk moyang Suku Duanu dalam bertahan hidup dalam menangkap ikan di daerah pesisir pantai timur jambi. Alat-alat tradisional tangkap ikan tersebut berupa jaring belat. Jaring ini terbagi menjadi dua jenis.

Belat tangkap rendah yang digunakan waktu air surut, sedangkan untuk belat tangkap tinggi digunakan waktu air pasang.

Alat penangkap ikan bernama belat, pembuatannya memakan waktu selama dua hari dengan panjang 100 meter.
Alat yang digunakan oleh masyarakat dalam menangkap ikan, dimana ikan hasil tangkap tersebut akan dijual untuk membantu kehidupan sehari – hari dan tidak merusak ekosistem laut.

Baca Juga  Ini Penyebab Pelajar SMA 7 di Batanghari Minum Racun

Saat ini alat seperti ini sudah jarang sekali di pergunakan oleh nelayan seiring dengan majunya tehnologi alat penangkap ikan
dan sepanjang pantai timur provinsi Jambi sudah jarang sekalia ada Jaring belat dan tergolong langka saat ini dipakai oleh Nelayan.

Ahmad Dani Asri sekarang kuliah semester pertama di ISI Padangpanjang jurusan Fotografi.

Menurut Asri, Ahmad Dani Asri sudah memiliki camera semenjak masa SD (sekolah dasar) dan SMP sudah mulai giat belajar fotografi diusai SMA pun makin mendalami foto dan videografi.

“Dan sekarang ikut ujian masuk ISI padang panjanng dan lulus di Fotografi” kata Asri ketika dihubungi kemarin.

Pada Lomba Foto tahun 2020 Ahmad Dani Asri juga ikut lomba yang diadaka Museum Siginjei, dan meraih pemenang Ke-III dengan uang pembinaan Rp.3.000.000,- “Beberapa kali Ahmad Dani ikut lomba foto di Kuala Tungkal dan selalu menang juara pertama. “Jurinya Fotografer Senior Riko Mappadeceng” kata Asri.

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Tinjau Persiapan MTQ Ke-50 di Area Masjid Syekh Utsman

Dalam waktu dekat Ahmad Dani Asri akan mengikuti Pameran Fotografi dikampusnya, Alhamdulillah bisa membantu biaya pameran dari lomba ini” kata Asri.

Ketua APFI (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia) Dayu Agy Saputra, Mengucapkan selamat pada Ahmad Dani Asri. “Ini menjadi gairah bagi dunia fotografi di Jambi” kata Dayu Agy Saputra.

“Bagi pihak pemerintah atau swasta mengadakan lomba fotografi bisa menghubungi APFI Jambi untuk mensosialisasikan lomba tersebut” kata Agy.

Kemenangan Ahmad Dani Asri yang masih berusia 19 tahun dan kuliah di ISI Padangpanjang perlu di pertemukan dengan Gubernur Jambi Al Haris untuk memberi semangat Ahmad Dani Asri kuliah sampai kejenjang S3 Fotografi, kata Agy.

Pemenang lomba foto : JUARA 1 AHMAD DHANI ASRI “JARING BELAT”.(wv)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Beri 3 Poin Dalam Safari Jumat di Masjid Arrahman Kuala Betara

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Berikan Kemudahan Bagi Para Pelaku Usaha UMKM

Tanjab Barat

Gaji Dibawah UMR, Persatuan Perawat Tanjab Barat Sampaikan Aspirasi Kepada Bupati

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Hadiri Pelantikan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan se Kabupaten Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tutup Event Festival Arakan Sahur

Tanjab Barat

Tersebar Video Pencuri Kotak Amal Masjid di Pembengis

Tanjab Barat

Sekda Tanjab Barat Terima Kunjungan Studi Tiru Pemkot Sungai Penuh

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Buka Acara Pelatihan Membatik Bertajuk CANTING EMAS
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!