LIVE TV
Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Home / Tanjab Barat

Selasa, 19 April 2022 - 22:10 WIB

Pemkab Tanjab Barat Belum Memfasilitasi Rumah Singgah Bagi Anak Jalanan

Liputantanjab.com- Kalau diperhatikan masih banyaknya anak jalanan, gelandangan dan pengemis di Kuala Tungkal, kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat.

Padahal dimana sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Tanjab Barat No. 8 Tahun 2021 terkait adanya tempat rumah singgah bagi mereka sebelum akan dipulangkan ke asalnya.

Ketua Umum Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (Ikami-Sulsel) Cabang Tanjab Barat Juanda Lukmana mengaku resah kerhadap kondisi masyarakat terkait gelandangan, pengemis, dan anak jalanan yang terlantar yang ada di Kabupaten Tanjab Barat. Selasa, (19/04)

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023

Berdasarkan Perda Tanjab Barat pemerintah hadir dalam upaya penanggulangan bagi mereka yang membutuhkan, karena mereka juga diberikan perlindungan oleh Negara.

“Seharusnya ini menjadi keharusan bagi Pemerintah karena mereka memiliki hak dari Negara,” kata Juanda.

Juanda mempertegas terkait hak maupun fasilitas tersebut bahwa sampai sekarang tidak ada Instansi terkait, memfasilitasi rumah singgah bagi anak jalanan, gelandangan atau pengemis.

Kalau menurut saya, dilihat dari suatu daerah masih banyak anak jalanan, gelandangan atau pengemis yang masih berkeliaran. Disitu masih buruhnya sistem pemerintahan tersebut.

“Setau saya sejauh ini instansi terkait belum ada serius untuk penangani hal itu, dari rumah singgah bagi terlantar dan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Tanjab Barat Bahas 2 Hal

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Sosial (Kadis) Sosial Kabupaten Tanjab Barat Syarifuddin, membenarkan bahwa sampai saat ini belum ada rumah singgah yang difasilitasi oleh pemerintah bagi masyarakat yang terlantar.

Kalau untuk sosialisasi kepada masyarakat atau dalam hal tindakan dilapangan itu diserahkan kepada Polisi Pamong Praja (Pol PP).

“Pokoknya untuk sekarang memang belum ada rumah singgah,” singkatnya saat ditelpon melalui whatsapp. (Wajas)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Hari Ke-2 Idul Adha Di Kuala Tungkal, Sejumlah Masjid Distribusikan Daging Qurban Secara Delivery

Tanjab Barat

Secara Zoom Meeting Wabup Tanjab Barat Ikuti Rakor Vaksinasi Serentak

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Hadiri Maulid Nabi di Masjid Hidayatul Rahman, Pengabuan

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Bersama Fadhilah Sadat Resmikan PAUD AL-Ansor di Sungai Terap

Tanjab Barat

Jalan Menuju Objek Wisata Mangrove Pangkal Babu Rusak Parah

Tanjab Barat

Wakil DPRD Tanjab Barat Serahkan Bantuan 40 Unit Mesin Pompong Kepada Kelompok Nelayan

Tanjab Barat

Bentuk Apresiasi Qoru Qoriah MTQ Ke-50, Bupati Tanjab Barat Berikan Bonus

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Jalin Kerjasama Dengan UCLG ASPAC
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!