LIVE TV
Kapolres Tanjab Barat Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial BLT Subsidi BBM, Bantuan Sosial Sembako dan PKH di Kantor Pos Kuala Tungkal Polres Tanjab Barat Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Tahun 2022 Belasan Ruko Hingga Rumah di Kawasan WFC Habis Terbakar WhatsApp, Hari Ini Pengguna Keluhkan WA Error Breaking News : Terjadi 3 Kali Musibah Kebaran di Kota Kuala Tungkal

Home / Peristiwa

Minggu, 28 November 2021 - 10:42 WIB

SAD Bungo Serahkan 25 Senpi Rakitan Kepada Kapolda Jambi, Atas Kesadaran Sendiri

Liputantanjab.com – Merespon penyadaran soal hukum yang gencar diedukasi anggota Polri, beberapa pimpinan kelompok Orang Rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) dan masyarakat di Kabupaten Bungo, sukarela menyerahkan puluhan pucuk senjata api laras panjang rakitan (kecepek) ke tangan Kapolda Jambi Irjen A. Rachmad Wibowo. Minggu (28/11/21).

Penyerahan secara Sukarela senjata rakitan yang biasa digunakan untuk memburu hewan di hutan oleh warga Suku Anak Dalam (SAD) diserahkan langsung oleh Temenggung Badai selaku Ketua SAD, untuk Senpi rakitan warga Dusun Peninjau diserahkan Rio (Kades) Peninjau Afrizal. S.Sos dan Senpi Rakitan warga Dusun Pelayang diserahkan oleh Camat Bathin II Pelayang yang diterima langsung oleh Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi Irjen A. Rachmad Wibowo. S.I.K bersama Irwasda Polda Jambi, Karo Ops Polda Jambi dan Dir Intelkam Polda Jambi menerima penyerahan 25 pucuk kecepek didampingi Kapolres Bungo bertempat di halaman Polres Bungo.

“Silakan Pak Kapolda, diambil! Kelompok kami semakin sadar. Kami sudah dan akan berburu pakai tombak dan membawa anjing untuk berburu, tidak pakai kecepek lagi,” ungkap Tumengung Badai meyakinkan Rachmad Wibowo.

Baca Juga  Pisah Ranjang, Rujuk Tak Diterima, Pria di Bungo Diciduk Polisi

“Kapolda Jambi pun menyahutinya dengan gembira. “Terima kasih Pak Tumenggung. Saya minta tolong jangan menggunakan kecepek lagi untuk berburu.  Kalau masih ada warga kita memiliki tolong serahkan kepada kapolres ya,” tegasnya.

Dia menjelaskan kehadapan perwakilan Orang Rimba dan masyarakat yang hadir saat acara penyerahan, senjata api jenis kecepek tergolong senjata berbahaya terhadap keselamatan nyawa manusia.

Di Bungo sendiri pun, ada yang sudah menjadi korban, Saya meminta anggota terus memberi penyadaran hukum soal ini, dan sekaligus masyarakat, termasuk saudara kita dari kelompok SAD paham dan sadar, Sehingga tercipta situasi aman dan kondusif, ” beber Rachmad Wibowo.

Sementara itu, Kapolres Bungo Guntur Saputro menambahkan, sebanyak 25 pucuk kecepek yang diserahkan melalui tangan Kapolda Jambi berasal dari warga suku anak dalam (SAD) dan warga masyarakat umum di 17 kecamatan di Bungo.

“Kita berharap tidak ada lagi yang menyimpan atau memakai kecepek di Bungo. Kami terus mensosialisasikan soal ini ke masyarakat, ” kata Guntur Saputro.

Setelah menerima senjata api rakitan, selanjutnya ditempat yang sama, Kapolda Jambi Irjen A. Rachmad Wibowo. S.I.K memberikan Piagam Penghargaan sebagai wujud Apresiasi kepada personil Polres Bungo dan Relawan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bungo dalam mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bungo.

Baca Juga  Polres Tanjab Barat Bersama Mapolda Jambi Lakulan Giat KRYD di Pelabuhan Abas

Penerima Penghargaan adalah Wakapolres Bungo Kompol Ridwan J.M. Hutagaol. S.H., S.I.K Atas dedikasinya sebagai Koordinator Vaksinasi antar umat beragama dan sebagai Ketua pelaksana vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh angkatan alumni Bintara Polres Bungo, kemudian Alumni Angkatan Bintara Polri Lulusan tahun 1999 – 2000 (NNZZ – SPDT) Peringkat Pertama Atas Dedikasi yang Tinggi dalam membantu percepatan vaksinasi dengan capaian 2.631 Dosis vaksin, selanjutnya penghargaan kepada Alumni Bintara Polri Angkatan IV s/d XIII Peringkat Kedua Atas Dedikasi yang Tinggi dalam membantu percepatan vaksinasi dengan capaian 2.060 Dosis vaksin dan piagam penghargaan juga diberikan kepada Relawan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bungo yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan polres bungo.

Setelah kegiatan di Kabupaten Bungo, Kapolda Jambi Irjen Pol A.Rachmad Wibowo. S.I.K melanjutkan kegiatan dinasnya menuju Kabupaten Kerinci.(*)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Api Membakar Ruko di Pasar KM 2,5 Kelurahan Tebing Tinggi Terbakar

Peristiwa

Pemkab Tanjab Barat Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Desa Purwodadi

Peristiwa

Bupati Tanjab Barat Didampingi Ketua TP-PKK hadiri Pemilihan Bujang Dan Gadis Provinsi Jambi

Peristiwa

Kebakaran Melahap Rumah Warga di Kuala Betara

Peristiwa

Akibat Hujan Lebat Akses Kerinci Dan Sungai Penuh Terputus

Peristiwa

Anak Umur 7 Tahun Dikabarkan Tenggelam Disungai Bahari Kuala Tungkal

Peristiwa

2 Unit Rumah Dilalap Si Jago Merah

Peristiwa

Breaking News, Daerah Wisata Kuliner Parit 1 Kuala Tungkal Terjadi Kebakaran
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!