LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Nasional / Sosial / Tanjab Barat

Selasa, 26 Juli 2022 - 22:24 WIB

Dukung Pelestarian Alam, Karang Taruna Tanjab Barat Bersama Relawan Mangrove Harap Penanaman Tetap Berkelanjutan

TNI AL Bersama Karang Taruna Tanjab Barat Dan Relawan Mangrove

TNI AL Bersama Karang Taruna Tanjab Barat Dan Relawan Mangrove

LIPUTANTANJAB.COM – Dalam rangka Hari Mangrove Sedunia Pangkalan TNI AL Palembang (lanal palembang) menggelar penanaman Mangrove serentak di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Provinsi Jambi.

Penanaman Mangrove berlangsung di Parit 9 Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir, pada 26 juli 2022 sebanyak 5.000 bibit dengan luas 2 hektar.

Mendukung kegiatan memulihkan dan melestarikan kawasan Mangrove Karang Taruna Tanjab Barat Beserta Relawan Mangrove ikut berpartisifasi dalam penanaman Mangrove.

Penanaman Bibit Mangrove Di Hari Mangrove Sedunia

Ridwan salah satu perwakilan Karang Taruna bidang Lingkungan Hidup mengatakan, hutan Mangrove memiliki fungsi dan manfaat secara fisik antara lain sebagai perlindungan terhadap sedimentasi juga abrasi air laut, penahan badai dan angin teruma lokasi dipesisir pantai.

Baca Juga  Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Apresiasi Kesigapan Personelnya Bantu Warga Yang Sakit

“Secara ekologis hutan Mangrove berfungsi sebagai tempat hidup, perlindungan dan sumber pakan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya juga meningkatkan ketahanan masyarakat di pesisir terhadap perubahan iklim”, ucapnya.

Sedangkan secara ekonomis hutan Mangrove berfungsi sebagai kayu bakar serta sebagai sumber mata pencarian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya, pungkasnya.

Kawasan Bibir Pantai Parit 9 Desa Tungkal 1

Sedangkan Windi sebagai Relawan Mangrove Mengatakan, dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya hutan Mangrove akan semakin tinggi tingkat pelestarian alam yang bisa dilakukan. Mengingat ekosistem Mangrove yang memiliki peranan penting bagi lingkungan sehingga diperlukan aksi nyata bersama.

Baca Juga  Wabup Hairan Pimpin Rapat Tahal Ketiga Qori,Qoriah Tanjab Barat

Tentunya ini merupakan harapan kita bersama agar ekosistem Magrove harus dikelola dan digunakan secara bijak dan berkelanjutan. Saat ini sulit mencari orang yang mau berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi Pemerintah dan Masyarakat yang mau ambil bagian dalam kegiatan penanaman Mangrove ini,” ucap Windi Relawan Mangrove. (Van)

Share :

Baca Juga

Politik

Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Beri Tanggapan Soal Isu Penculikan Anak

Tanjab Barat

Selaku Ketua Umum LPTQ Wabup Pimpi  Rapat Persiapan TC MTQ Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Hadiri Haul di Madrasah Diniyah Al Ishalahiyyah Bram Itam

Nasional

Kasus Kematian Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob Selama 30 Hari

Daerah

DPD LDII Kerinci Gelar Festival Anak Sholeh, Ternyata Targetnya Luar Biasa

Tanjab Barat

Bupati Anwar sadat Buka Secara Resmi Diklat BST-KLMSKK 30/60 mil Bagi Operator Kapal Tradisional dan Nelayan

Tanjab Barat

Tilang Manual Dihapus, Kapolres Tanjab Barat Jelaskan Prosesnya
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!