LIVE TV
Breaking News,, Pria Ini Potong Leher Ayahnya Hingga Putus Kuala Tungkal di Hebohkan Dengan Tersebarnya Video Bentrok Antar Pemuda Kapolres Tanjab Barat Instruksikan Lakukan Pengecekan Minyak Goreng Menjelang Bulan Ramadhan Sat Polair Polres Tanjab Barat Kembali Patroli Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng Amankan Jalur Perbatasan Jambi – Riau Polres Tanjab Barat Turunkan Personil

Home / Industri

Senin, 28 Februari 2022 - 19:03 WIB

Salah Satu Masyarakat Desa Sumber Agung Olah Talas Bening Menjadi Bahan Tembakau Herbal

Liputantanjab.com – Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi Golkar Ivan Wirata mendatangi kediaman salah satu warga yang merupakan pensiunan mantri (tenaga kesehatan) di Desa Sumber Agung Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (27/2/22).

Kedatangan Anggota DPRD Provinsi Jambi tersebut karena tertarik atas salah satu hasil olahan pertanian yang di tanam oleh Pak Muklis yang mana dulu merupakan mantri dan telah pensiun kemudian saat ini menanam/budidaya talas bening yang kini daun-daunya dapat diolah menjadi bahan tembakau.

Kita hadir untuk melihat hasil produksi “tembakau menjadi rokok herbal, rokok non nikotin,” ujar Ivan Wirata.

Baca Juga  Fasilitasi UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

Dijelaskan Ivan Wirata, setelah melihat langsung memang dalam pengembangan usaha tembakaunya untuk dijadikan sebuah rokok harus memenuhi 5 izin yang harus di siapkan.

”Nantinya akan saya bantu fasilitasi untuk kelengkapan izin tersebut jika memang serius untuk dijadikan ke pasar (jual/beli),” lanjutnya.

Saya selaku DPRD sangat tertarik jika budidaya talas bening tersebut bisa dapat berkembang dan bisa di olah secara produksi, karena hal ini tentu dapat membantu masyarakat apalagi tujuannya dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

”Insyaallah jika warga tersebut sudah siap sedia akan memproduksinya secara serius kita akan beri pendampingan untuk mengurus 5 izin tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Hadiri Puncak Festival Candi Muara Jambi XVI Tahun 2021

Sementara itu Pak Muklis mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pak Ivan Wirata yang mana memang kita belum berani untuk memasarkan rokok herbal yang kita olah dari daun Talas ini, karena belum adanya izin, namun ini bisa untuk kesehatan.

”ada beberapa khasiat untuk kesehatan nantinya dalam mengisapnya,” ungkapnya.

Kalau memang nantinya Pak Ivan membantu mengurus izin maka kami nantinya akan mengajak warga untuk bekerja dan memproduksi rokok herbal ini, tutupnya. (*)

Share :

Baca Juga

Industri

Bupati Tanjab Barat Didampingi Ketua TP-PKK Gelar Launching Becak Transportasi Wisata Di WFC

Industri

Standardisasi Kopi Liberika Telah di Sampaikan Pada Munas 1 Dekopi di Padang

Industri

PERSAMI Plus Kopi Liberika Hasilkan Program Kemajuan Kopi Di Tahun 2022

Industri

Trobosan Baru Kukerta STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Posko 3, Beri Karya Batik Tulis

Industri

Inspiratif ! Limbah Kopi Petani Garut Ini Sukses Disulap Jadi Produk Kaya Nutrisi
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!