LIVE TV
Polres Tanjab Barat Fasilitasi Pertemuan Pengecer BBM dengan Dinas Koperindag Kab. Tanjab Barat Breaking News,, Pria Ini Potong Leher Ayahnya Hingga Putus Kuala Tungkal di Hebohkan Dengan Tersebarnya Video Bentrok Antar Pemuda Kapolres Tanjab Barat Instruksikan Lakukan Pengecekan Minyak Goreng Menjelang Bulan Ramadhan Sat Polair Polres Tanjab Barat Kembali Patroli Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng

Home / Nasional

Rabu, 3 November 2021 - 18:24 WIB

Ratusan Pengungsi Afghanistan di Kota Medan Masih Terlunta-lunta Cari Suaka

Liputantanjab.com – Ratusan Pengungsi Afghanistan suaka di Kota Medan Sumatera Utara (Sumut), Indonesia gelar aksi di depan Kantor UNHCR (PBB) Jalam Imam Bonjol Medan. Mereka sengaja datang dari asrama tinggal mereka di jalan Setia Budi Medan menyampaikan aspirasi dalam bahasa Inggeris bergantian dengan toa berharap adanya solusi permanen dari Komisioner Tinggi untuk Pengungsi atau UNHCR yang ada di kota Medan.

Muhammad menyebutkan bahwa anak mereka tidak mendapatkan pendidikan yang layak hidup, mereka sudah diberikan 3 pilihan oleh UNHCR.

Pertama kembali ke Afghanistan, namun tidak bisa karena kondisinya sedang tidak baik. Kedua, sudah 10 tahun mereka mengungsi di Indonesia, termasuk di Medan, tidak ada pengawasan.

selama ini, pihaknya hanya masuk ke asrama, makan, dan tidur. Kami tidak mau seperti itu, sudah seharusnya merelokasikan ke negara ketiga, dan sudah ditandatangani pada konvensi tahun 1951 untuk menerima pengungsi. Akan tetapi, hanya UNHCR yang dapat memperkenalkan mereka kepada negara-negara ketiga.

“Makanya sekarang, mengapa mereka tidak bicara, kenapa tidak mengambil tindakan. Permintaan kami, tolong cari solusi permanen untuk kami,” tuturnya.

Muhammad menyampaikan jugà kepada Pemerintah Republik Indonesia, agar membantu para pengungsi Afghanistan mengatasi permasalahan yang mereka alami.

“Mohon, bantu kami,” pintanya.

Sementara itu, dalam aksi tersebut, selain orang tua dan anak muda tampak juga anak-anak di bawah umur, termasuk balita. Dalam aksi itu, tampak juga baliho berukuran besar dibawa mereka berisi tuntutan kepada UNHCR.

Baca Juga  Dirtipid Siber Bareskrim Polri Lakukan Pertemuan Dengan FBI Amerika Serikat

Ratusan pengungsi Afghanistan berada di Kota Medan Sumatera Utara (Sumut), gelar aksi damai di kawasan Jalan Imam Bonjol Medan Mereka menyampaikan aspirasi dalam bahasa Inggeris bergantian lewat toa agar ada solusi permanen dari Komisioner Tinggi untuk Pengungsi atau UNHCR yang ada di kota Medan.

Koordinator aksi, Muhammad Maosi Sinic mengatakan, saat ini sudah banyak warga Afghanistan lebih dari 6 – 10 tahun tinggal di Medan Indonesia, termasuk di Medan.

“Mereka sudah beberapa kali melakukan aksi damai, namun tak ada yang mendengar dan memberi solusi. Karena itu, kami akhirnya datang ke Kantor UNHCR atau PBB di Jalam Imam Bonjol ini,” kata Muhammad, Selasa. (2/11/2021).

Muhammad menyebutkan bahwa ada konsulat Amerika dari UNHCR namun belum ada solusi karena kondisinya sedang tidak baik, dalam 10 Tahun mereka mengungsi di Indonesia, termasuk di Medan, tidak ada pengawasan bagi mereka.

“Kami hanya masuk ke asrama, makan, tidur anak-anak tak bersekolah Kami tidak mau seperti tahanan tapi tak tau berapa lama bisa keluar dari masalah, kalau pelaku kriminal juga diberi makan namun ada waktunya bebas,”paparnya.

Jadi tambahnya, sudah seharusnya merelokasikan pengungsi ke negara ketiga, yang sudah ditandatangani pada konvensi tahun 1951 untuk menerima pengungsi. Akan tetapi, hanya UNHCR yang dapat memperkenalkan mereka kepada negara-negara ketiga tersebut.

Baca Juga  Bertahun-tahun Diburu, Akhirnya Ali Kalora Tewas Dalam Kontak Tembak Di Kabupaten Parimo

“Makanya sudah dua hari kami di sini hingga sekarang , mengapa mereka tidak bicara, kenapa tidak mengambil tindakan permintaan atas kami, agar mendapat pertolongan,” tuturnya.

Dikatakan, pihaknya pernah bertukar pikiran dengan Gubernur, Wakil Gubernur dan DPRD Sumut dan pihak UNHCR juga aagar turun mencari solusi permanen untuk kami, namun hingga saat ini belum ada solusi.

Muhammad menyampaikan jugà kepada Pemerintah Republik Indonesia Presiden Jokowi agar membantu para pengungsi Afghanistan mengatasi permasalahan yang mereka alami.

“Mohon, bantulah kami ke dunia ke tiga sebab bila kembali ke negeri kami sendiri sudah sulit sebab orang Taliban yang jahat itu kamu duga tak memberi peluang dan tak menerima kami lagi tinggal di Afganistan. Kami pun tidak mau lagi dikembalikan ke negara kami sebab kami menduga akan dibunuh mereka. berharap Tuhan buka hati pihak negara ke tiga untuk membantu bisa ke luar dari masalah kami,” tuturnya.

Dalam aksi, tampak juga baliho berukuran besar dibawa mereka berisi tuntutan kepada UNHCR. sayangnya tidak ada yang keluar dari Kantor UNHCR.

“Kepada Bapak Presiden RI memohon agar membantu kami menyampaikan aspirasi ini kepada PBB mau membatu masalah ini,” imbuhnya mengakhiri.(*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Dantasgas TMMD Ke-112 Kodim HST Meninjau Perpustakaan Keliling

Nasional

Institusi Polri Harus Diisi Dari Kalangan Santri Berprestasi

Nasional

TMMD Ke-112, Pengerjaan MCK terus dikebut Anggota Satgas TMMD Kodim 1004, Kalteng

Nasional

Jendral Listyo Sigit Prabowo Tinjau Langsung Proses pembangunan Ibu Kota Negara Baru

Nasional

Bupati Langkat Bikin Penjara di Rumah, Ini Motifnya

Nasional

4 Alasan Tunjangan Pensiun PNS Bisa Sampai Rp 1 Miliar

Nasional

Patung Bung Karno Naik Kuda Diresmikan Megawati Dan Prabowo

Nasional

Latif Manna!! Jual Motor Demi Beli Suplemen Persiapan PON dan Sangat Giat Latihan
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!