LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Nasional

Jumat, 1 Juli 2022 - 21:23 WIB

Fasilitasi UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

Liputantanjab.com – Dewan Pers kembali memfasilitas kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis. Kali ini di Provinsi Jambi, pada Selasa-Rabu, 28-29 Juni 2022 di Hotel Aston. Pada UKW tersebut, yang menjadi leader pelaksanaan kegiatan adalah Lembaga Uji UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta.

Sebanyak 60 orang wartawan dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi menjadi peserta UKW gratis tersebut. Bahkan, ada yang peserta yang datang dari luar Provinsi Jambi, di antaranya dari Provinsi Lampung.

Peserta UKW yang difasilitasi Dewan Pers 36 orang diuji oleh Lembaga Uji UPN “Veteran” Yogyakarta, sisanya diuji PWI. Penguji dari UPN “Veteran” Yogya Dr. Susilastuti Dwi N, M.Si, Dr. Agung Prabowo M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si, Dra. Esti Susilarti, M.Pd, Mahmud Marhaba dan Saibansah Dardani, S.Ag.

Baca Juga  Jendral Listyo Sigit Prabowo Tinjau Langsung Proses pembangunan Ibu Kota Negara Baru

Saat membuka UKW di Jambi, anggota Dewan Pers yang menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Periode 2022-2025, Asmono Wikan mengatakan, Dewan Pers sangat menaruh perhatian dengan upaya meningkatkan  kompetensi wartawan di seluruh Indonesia.

Hanya dengan dukungan wartawan yang kompeten dan berkualitaslah, perusahaan pers dan dan pers Indonesia akan tumbuh dan berkembang. Hal itu akan mendorong berkembangnya iklim demokrasi di Indonesia.

“Wartawan dituntut untuk berperan menjaga iklim demokrasi di Indonesia, sebagai pilar keempat. Untuk itu, wartawan Indonesia harus kompeten dan terus meningkatkan skill dan kemampuan diri mereka,” ujarnya.

Baca Juga  Jaksa Agung ST Burhanuddin Meminta SMSI Kawal Kinerja Jaksa

Selain itu, lanjut Asmono Wikan, jika wartawan Jambi sudah kompeten, maka Jambi akan paten. “Wartawan kompeten, Jambi paten,” tegasnya yang disambut aplaus antusias para perta UKW Fasilitasi Dewan Pers.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Agung Prabowo M.Si mengatakan, sebagai institusi akademis negeri, UPN Veteran Yogyakarta memiliki hubungan historis yang cukup dekat dengan PWI. Terutama, saat Ketua Umum PWI Pusat masih dijabat oleh Tarman Azam. Beberapa kali, UPN Veteran Yogyakarta memfasiliasi kegiatan organisasi wartawan tertua di Indonesia itu.

Share :

Baca Juga

Nasional

Peta Mangrove Nasional Tahun 2021: Baseline Pengelolaan Rehabilitasi Mangrove Nasional

Nasional

Polri Buka Penerimaan 1.035 CPNS Tahun 2021

Nasional

Yonif Raider khusus 732/Banau laksanakan Kegiatan Vaksinasi Covid 19

Nasional

Apel Danpos, Ini Harapan Dansatgas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur

Nasional

Ladang Ganja Seluas 1 Hektar Berhasil Diungkap Polres Kerinci

Nasional

Latif Manna!! Jual Motor Demi Beli Suplemen Persiapan PON dan Sangat Giat Latihan

Nasional

51 Orang Wartawan Lulus UKW Fasilitasi Dewan Pers di Makassar

Nasional

Kasus Kematian Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob Selama 30 Hari
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!