LIVE TV
5 Kelebihan Jam Tangan Casio yang Undang Banyak Peminat Upacara Serahterima Jabatan Wakapolres, Kasat Lantas dan Kasat Intelkam Polres Tanjab Barat Polres Tanjab Barat Bersama PC PMII Tanjab Barat Berikan Sembako Kepada Masyarakat Terdampak Inflasi Kenaikan BBM IQbal Linus Lantik Peni Sepian Menjadi Ke Umum DPD KPNI Tanjab Barat Pilkades Serentak, Ini Nama 43 Desa di Tanjab Barat

Home / Nasional

Jumat, 1 Juli 2022 - 21:23 WIB

Fasilitasi UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

Liputantanjab.com – Dewan Pers kembali memfasilitas kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis. Kali ini di Provinsi Jambi, pada Selasa-Rabu, 28-29 Juni 2022 di Hotel Aston. Pada UKW tersebut, yang menjadi leader pelaksanaan kegiatan adalah Lembaga Uji UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta.

Sebanyak 60 orang wartawan dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi menjadi peserta UKW gratis tersebut. Bahkan, ada yang peserta yang datang dari luar Provinsi Jambi, di antaranya dari Provinsi Lampung.

Peserta UKW yang difasilitasi Dewan Pers 36 orang diuji oleh Lembaga Uji UPN “Veteran” Yogyakarta, sisanya diuji PWI. Penguji dari UPN “Veteran” Yogya Dr. Susilastuti Dwi N, M.Si, Dr. Agung Prabowo M.Si, Drs. Arif Wibawa, M.Si, Dra. Esti Susilarti, M.Pd, Mahmud Marhaba dan Saibansah Dardani, S.Ag.

Baca Juga  Jurnalis Asrul Divonis 3 Bulan Usai Tulis Berita Korupsi, KKJ: Mencederai Kebebasan Pers

Saat membuka UKW di Jambi, anggota Dewan Pers yang menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Periode 2022-2025, Asmono Wikan mengatakan, Dewan Pers sangat menaruh perhatian dengan upaya meningkatkan  kompetensi wartawan di seluruh Indonesia.

Hanya dengan dukungan wartawan yang kompeten dan berkualitaslah, perusahaan pers dan dan pers Indonesia akan tumbuh dan berkembang. Hal itu akan mendorong berkembangnya iklim demokrasi di Indonesia.

“Wartawan dituntut untuk berperan menjaga iklim demokrasi di Indonesia, sebagai pilar keempat. Untuk itu, wartawan Indonesia harus kompeten dan terus meningkatkan skill dan kemampuan diri mereka,” ujarnya.

Baca Juga  Penyelundupan Narkotika Jenis Sabu Berhasil di Gagal BNNP Jambi

Selain itu, lanjut Asmono Wikan, jika wartawan Jambi sudah kompeten, maka Jambi akan paten. “Wartawan kompeten, Jambi paten,” tegasnya yang disambut aplaus antusias para perta UKW Fasilitasi Dewan Pers.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Agung Prabowo M.Si mengatakan, sebagai institusi akademis negeri, UPN Veteran Yogyakarta memiliki hubungan historis yang cukup dekat dengan PWI. Terutama, saat Ketua Umum PWI Pusat masih dijabat oleh Tarman Azam. Beberapa kali, UPN Veteran Yogyakarta memfasiliasi kegiatan organisasi wartawan tertua di Indonesia itu.

Share :

Baca Juga

Nasional

Polri Buka Penerimaan 1.035 CPNS Tahun 2021

Nasional

Buruh Tolak Batas Usia Pencairan JHT

Nasional

Ratusan Pengungsi Afghanistan di Kota Medan Masih Terlunta-lunta Cari Suaka

Nasional

Patung Bung Karno Naik Kuda Diresmikan Megawati Dan Prabowo

Nasional

Ini Nama Pengurus BPIP 2022-2027 yang di Lantik Presiden RI

Nasional

Kementerian Agama Batalkan Keberangkatan Haji Tahun 2021

Nasional

Polri Paparkan 10 Tips Masyarakat Untuk Wujudkan Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia

Nasional

Warga Jambi Teriak di Depan Jokowi, Turunkan Harga Minyak
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!