LIVE TV
Nova Anggun Sari Anggota Dewan Perwakilan Perempuan Milenial Mendukung Bacaleg Perempuan PAN 2024 Heboh Kabar Berita Penculikan Anak di Tanjab Barat, Kapolsek Pastikan HOAX! Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Cabang Tanjab Barat Berpartisipasi Pada Peresmian Masjid As-Syarif Kodim 0419/Tanjab  Polres Tanjab Barat Lakukan Program Bedah Rumah Masyarakat Polres Tanjab Barat Amankan Anak bunuh Kedua Orang Tuanya

Home / Tanjab Barat

Kamis, 3 Juni 2021 - 21:04 WIB

Kain Songket motif Udang Ketak dan Balai Adat ciri khas baru Kabupaten Tanjab Barat

Liputantanjab.com – Menggali potensi Kabupaten Tanjab Barat ternyata tidak ada habisnya untuk ditelusuri, terdapat seorang Pengrajin Kain Songket Legendaris khas Tanjab Barat bernama Nurdifah seorang Lansia berumur 72 tahun tinggal di Dusun Harapan Jaya Desa Mandala Jaya Kecamatan Betara yang membuat Kain Songket motif baru yaitu Udang Ketak dan Balai Adat. (3/6)

Sebelumnya pada tahun 2014 Karyanya berupa Songket Buah Pidade dan Songket Buah Lakum dipatenkan oleh Kemenkumham RI sesuai dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta.

Baca Juga  Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2023

 

“Saat ini omset penjualan sangat menurun sekali di masa Pandemi Covid-19, diharapkan Pemerintah dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk penjualan dan mempertahankan motif ber ikon Tanjab Barat dan semoga kedepannya motif baru Udang Ketak dan Balai Adat ini juga bisa dipatenkan agar tidak di klaim oleh pihak lain” terang bu Nurfidah

Songket adalah jenis kain tenun tradisional Indonesia, songket di tenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak, Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang, kata songket berasal dari istilah sungkit dalam bahasa melayu dan bahasa Indonesia yang berarti “mengait” atau “mencungkil”. Songket memiliki motif-motif tradisional yang sudah merupakan ciri khas budaya wilayah penghasil kerajinan ini, misalnya motif Buah Lakum dan Buah Pidade yang merupakan motif khas Tanjung Jabung Barat dan motif tersebut telah memiliki Hak Paten HKI (Hak kekayaan intelektual) oleh Nek Nurfidah. (Asri)

Baca Juga  Sekda Tanjab Tanjab Ikuti Rapat Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah

 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Teken Nota Kesepakatan Kerja Sama Dengan STIKBA Jambi

Tanjab Barat

Ini Surat Edaran Bupati Tanjab Barat Dalam Memperingati Hari Santri

Events

Ketua Karang Taruna Tanjab Barat Resmi Membuka Futsal Cup Tahun 2022

Polres Tanjab Barat

Satpolairud Tanjab Barat Kembali Periksa Kapal-Kapal Pembawa Sembako

Mapala

Satukan Perbedaan, Mapala Pamsaka Gelar Diskusi Mufakat Pemuda Tanjab Barat

Tanjab Barat

Wakapolres Tanjab Barat Pimpin Rapat Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2022

Tanjab Barat

Kebakaran Kembali Terjadi di Daerah Kecamatan Tebing Tinggi

Tanjab Barat

Warga Kuala Tungkal Dihebohkan Dengan Kapal Tersangkut Dijembatan WFC
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!