LIVE TV
Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn

Home / Tanjab Barat

Kamis, 3 Juni 2021 - 21:04 WIB

Kain Songket motif Udang Ketak dan Balai Adat ciri khas baru Kabupaten Tanjab Barat

Liputantanjab.com – Menggali potensi Kabupaten Tanjab Barat ternyata tidak ada habisnya untuk ditelusuri, terdapat seorang Pengrajin Kain Songket Legendaris khas Tanjab Barat bernama Nurdifah seorang Lansia berumur 72 tahun tinggal di Dusun Harapan Jaya Desa Mandala Jaya Kecamatan Betara yang membuat Kain Songket motif baru yaitu Udang Ketak dan Balai Adat. (3/6)

Sebelumnya pada tahun 2014 Karyanya berupa Songket Buah Pidade dan Songket Buah Lakum dipatenkan oleh Kemenkumham RI sesuai dengan Undang Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta.

Baca Juga  Dekat Kawasan Pusat Pemerintahan, Warga di Tanjab Barat Belum Teraliri Listrik

 

“Saat ini omset penjualan sangat menurun sekali di masa Pandemi Covid-19, diharapkan Pemerintah dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk penjualan dan mempertahankan motif ber ikon Tanjab Barat dan semoga kedepannya motif baru Udang Ketak dan Balai Adat ini juga bisa dipatenkan agar tidak di klaim oleh pihak lain” terang bu Nurfidah

Songket adalah jenis kain tenun tradisional Indonesia, songket di tenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak, Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang, kata songket berasal dari istilah sungkit dalam bahasa melayu dan bahasa Indonesia yang berarti “mengait” atau “mencungkil”. Songket memiliki motif-motif tradisional yang sudah merupakan ciri khas budaya wilayah penghasil kerajinan ini, misalnya motif Buah Lakum dan Buah Pidade yang merupakan motif khas Tanjung Jabung Barat dan motif tersebut telah memiliki Hak Paten HKI (Hak kekayaan intelektual) oleh Nek Nurfidah. (Asri)

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Hadiri Rakor Sinergisitas Peran Gubernur Bersama Unsur Forkopimda dalam Pemilu 2024

 

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat dan Rombongan Tinjau Gedung Balai Adat Merlung

Tanjab Barat

Kadis Disdikbud Memberi Kabar Baik Terkait Pembangunan SDN 152 Betara Kiri, Kenapa?

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Hadiri Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Nurul Jami Kelurahan Patunas

Tanjab Barat

“Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju”, Bupati Hadiri Hari HKG PKK Ke-49

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Buka Pembinaan Da’i Pembina Desa/Kelurahan Tahun 2023

Tanjab Barat

Bupati Lakukan Audiensi Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Pangan Tanjab Barat ke Bapanas RI

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Tanjab Barat Resmi Melantik 3 Pejabat Eselon II

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tinjau Pekerjaan di Kawasan Jembatan WFC Dan di Masjid Syekh Usman
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!