LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Polres Tanjab Barat

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:14 WIB

Salah Satu Anggota Kepolisian Tanjab Barat Bripka Ucen Terpilih Menjadi Kandidat Hoegeng Awards 2022

Liputantanjab.com – Sejumlah pembaca detikcom mengusulkan Bripka Ucen S Kasih sebagai kandidat penerima Hoegeng Awards 2022. Dia diusulkan karena dinilai menjadi seorang polisi teladan lewat program ‘motor pustaka keliling’ yang digagasnya.

Salah satu pengusul Bhabinkamtibmas di Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, itu adalah seorang warga setempat bernama Isnaini. Isnaini mengusulkan polisi teladan versinya lewat formulir online di tautan https://dtk.id/hoegengawards. Begini cerita Isnaini:

Dalam rangka tumbuh kembangkan minat membaca untuk anak serta partisipasi Polri ikut mencerdaskan anak bangsa, Bhabinkamtibmas Bripka Ucen berinisiatif untuk mengubah motor dinas Bhabinkamtibmas menjadi perpustakaan keliling dengan memberikan nama ‘motor pustaka keliling’. Berkesempatan mendatangi ke sekolah SD Negeri di Kecamatan Pengabuan mengajak anak-anak untuk lebih aktif dan gemar membaca karena buku adalah jendela dunia dan buku adalah teman terbaik setiap waktu.

Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri berkewajiban mendidik anak-anak untuk meraih masa depan yang cemerlang. Dengan menarik minat baca, wawasan anak akan menambah ilmu pengetahuan.

Selaku warga dan wali murid sangat menyambut baik dan positif terobosan yang telah di lakukan oleh Bhabinkamtibmas dengan membuat perpustakaan keliling seperti ini. Hal ini akan berdampak baik bagi anak-anak, sehingga akan mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat seperti bermain game internet dan sebagainya.

Baca Juga  Ini Program BERES Kapolres Tanjab Barat

Memberikan hadiah buku gratis bagi anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan umum. Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk menarik minat baca anak-anak dengan keliling ke sekolah-sekolah sebagai wujud Polri peduli dunia pendidikan.

Anggota Bhabinkamtibmas (Bripka Ucen) melayani, minjaman (meminjamkan) buku (ke) anak-anak di lokasi kunjungan perpustakaan keliling, Kecamatan Pengabuan. Keprihatinan masa pandemi COVID-19 membuat Bripka Ucen memodifikasi (motor dinasnya untuk perpustakaan keliling).

detikcom lalu menghubungi Isnaini untuk mendengar cerita utuh tentang program ‘motor pustaka keliling’ Bripka Ucen. Dia menyebut Bripka Ucen mulai rutin menjalankan programnya itu semenjak pandemi melanda Tanah Air yang membuat kegiatan belajar mengajar anak-anak menjadi digelar di rumah.

“Saya tahunya itu sudah hampir dua tahunan ini dia mulai kegiatan itu. Di sini sekolah kan banyak yang diliburkan gitu. Jadi untuk membantu minat baca anak-anak didik itu melalui program gitu supaya di rumah bisa belajar mandiri. Arahan dia kemarin saya pernah lihat dan dengar juga apa yang disampaikan ke anak-anak didik itu kan,” kata Isnaini kepada detikcom, Senin (28/3/2022).

Baca Juga  Rapat membahas Kerjasama Pemkab Tanjab Barat dengan Bank Syari’ah Indonesia (BSI)

Isnaini menyebut Bripka Ucen kerap berkeliling dengan motor dinas yang sudah dimodifikasi supaya bisa membawa banyak buku bacaan ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Sungaijering dan Desa Pampang, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Biasanya, Bripka Ucen berkeliling saat dirinya senggang bertugas sebagai polisi.

“Kadang-kadang anak-anak sudah ada yang tahu gitu kan dia bawa buku. Dipanggilnya ‘Pak numpang baca, pinjam bukunya’, ditinggalnya dulu, dia baru jalan lagi,” ucapnya.

Tak mudah bagi Bripka Ucen dalam menjalankan program ‘motor pustaka keliling’ itu. Sebab, dia harus menyusuri jalan-jalan rusak di desa tempat ia tinggal.

“Jalan di sini kan masih jalan lumpur, sebagian jalan setapak, sebagian sudah hancur. Jadi kalau jalan nggak kering susah,” ujarnya.

Isnaini memuji kebaikan-kebaikan Bripka Ucen. Menurutnya, Bripka Ucen tak hanya menjadi pelopor perpustakaan keliling di daerahnya, tapi juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat karena suka membantu kegiatan-kegiatan sosial di lingkungannya.

“Untuk minat baca itu anak didik sampai sekarang pun kebanyakan belum bisa baca sudah rajin baca, yang sudah tahu jadi minat bacanya meningkat. Membantu untuk masyarakat program belajar itu,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Cek PPKM Mikro Sekaligus Berikan Bansos Sembako

Kriminal

Polres Tanjab Barat Segel 2 Gudang Minyak yang Diduga Ilegal

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Konferensi Pers Pengedar Sabu

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Berikan Piagam Penghargaan Ke Media Menebar Kebaikan

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Sambut Kedatangan Wakapolda Jambi, Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu

Polres Tanjab Barat

Polsek Tungkal Ilir Cari Jalan Tengah, Aksi Percobaan Kasus Pencurian

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Ziarah Makam Pahlawan Dalam Rangka Memperingati HUT Bhayangkara Ke 75

Polres Tanjab Barat

Rayakan Idul Adha 1442 H, Kapolres Tanjab Barat dan Tahanan Adakan Doa Dan Makan Bersama
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!