LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Polres Tanjab Barat

Rabu, 1 Juni 2022 - 07:48 WIB

Polsek Tungkal Ilir Cari Jalan Tengah, Aksi Percobaan Kasus Pencurian

Liputantanjab.com – Penyelesaian percobaan pencurian 2 (Dua) Ekor Ayam oleh terduga Pelaku JJ (18) Warga RT 017 Kelurahan Tungkal Harapan, terhadap ternak milik korban A Sayuti (77) Warga Jalan Aryan RT 011 Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, oleh Polsek Tungkal Ilir menemukan kedua belah pihak.

Percobaan pencurian yang terjadi Selasa (31/5/22) sekitar Pukul 04.00 Wib di Jalan Aryan sempat gagal. lantaran, aksi yang dilakukan JJ keburu kepergok oleh tetangga Korban. Karena panik terduga pelaku meninggalkan sepeda motor yang digunakan untuk melakukan pencurian.

“Kedua belah pihak sudah sepakat berdamai dan tidak memperpanjang hal ini. Memang kalau dilihat dari perbuatannya pencurian. Mengingat dan menimbang yang bersangkutan mengakui melakukan pencurian untuk beli susu anak, kita berbicara hati nurani masalah ini diselesaikan dengan Restorative Justice,” ungkap Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Muharman Arta melalui Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo.

Baca Juga  Baksos, Polres Tanjab Barat Bagikan Air Bersih Kepada Masyarakat

Agung mengatakan, adil tidak harus di Pengadilan. Maka dari itu semua pihak dihadirkan di Polsek Tungkal Ilir, baik itu Korban Pak Sayuti, JJ, Pak RT dan BKTM untuk memberikan kesempatan menyelesaikan persoalan ini secara kemanusiaan.

“Kedepan Pak RT tidak bisa diselesaikan seperti ini lagi. Apabila perbuatan seperti ini kembali dilakukan akan di proses hukum,” sebut Kapolsek mengingatkan agar membina JJ.

Agung menjelaskan, penyelesaian persoalan ini telah dibuatkan Surat perdamaian. Dan kedepan terhadap JJ sama – sama diingatkan dan dibina. “Makanya Pak RT dan Ibu (Orang Tua JJ,red) dihadirkan disini,” kata Kapolsek.

Masih dikatakan Kapolsek Tungkal Ilir IPTU Agung Heru Wibowo, Korban Pak Sayuti sudah tidak memperpanjang persoalan ini. Untuk JJ diharap setiap Senin dan Kamis melapor ke Polsek Tungkal Ilir.

“Untuk adik kita JJ setiap Senin dan Kamis minta tolong wajib Lapor ke BKTM datang ke Polsek melapor. Kami akan melihat, memantau selama 1 (Satu) hingga 2 (Dua) Bulan apakah yang bersangkutan berubah ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga  Polres Tanjab Barat mengikuti Upacara Virtual dan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-75

“Intinya permasalahan ini tidak diperpanjang dan adik kita JJ ini tidak mengulangi perbuatannya lagi. Apabila kedepan masih melakukan akan kita proses secara hukum. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk berubah menjadi orang yang lebih baik. Apalagi JJ sudah punya Anak,” pungkas Kapolsek.

Untuk diketahui proses perdamaian yang dilakukan kedua belah pihak di Mapolsek Tungkal Ilir, Korban yang sudah memaafkan perbuatan Pelaku, keduanya menandatangani surat perdamaian yang turut disaksikan Ketua RT, Warga yang menjadi saksi.

Usai penandatanganan Surat Perdamaian, dihadapan saksi dan Anggota Polsek Tungkal Ilir, JJ menyalami Pak Sayuti untuk meminta maaf.

Kemudian untuk kendaraan yang digunakan terduga Pelaku saat melakukan percobaan pencurian, sudah dikembalikan ke Pemiliknya yang juga menjadi saksi perdamaian, dengan menyertakan Surat – Surat kendaraan.(Bas)

Share :

Baca Juga

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Berikan Edukasi Masyarakat Kuala Tungkal Tidak Buang Sampah ke Sungai

Polres Tanjab Barat

Kapolres Tanjab Barat ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual

Polres Tanjab Barat

Pastikan Perayaan Ibadah Natal Berjalan Aman Dan Kondusif, Kapolres Tanjab Barat Patroli Keliling Gereja

Polres Tanjab Barat

AKBP Muharman Arta, Tahun 2021 Kasus Paling Menonjol Yakni Narkoba

Polres Tanjab Barat

Polsek Tungkal Ulu Bongkar 5 Komplotan Penipuan Kupon Berhadiah Mobil dalam Kemasan Tepung

Polres Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Selidiki Penyebab Kebakaran PT Felda Indo Mulia Kuala Betara

Polres Tanjab Barat

Kapolres Tanjab Barat Tinjau Kegiatan Vaksinasi di Polsek Merlung

Polres Tanjab Barat

Kapolres Tanjab Barat Angkat Bicara Terkait Laporan Pengeroyokan di STAI An-Nadwah Kuala Tungkal
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!