LIVE TV
Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Home / Nasional

Senin, 19 Juni 2023 - 16:50 WIB

DPW LDII Jambi Pemantauan Hilal untuk Penentuan 1 Dzulhijjah 1444 H

LIPUTANTANJAB.COM – Bertempat di Wiltop Hotel Kawasan Ancol Jambi, Wakil Ketua DPW LDII Jambi H. Achiyar Rosidi, S.Sy. bersama Tim Rukyatul Hilal DPW LDII turut serta dalam kegiatan pemantauan hilal untuk penentuan 1 Dzulhijjah 1444 H pada minggu (18/06).

Menurut Achiyar, pihaknya akan selalu ikut andil dalam penentuan hari besar umat islam itu, agar kehadiran LDII lebih dirasakan oleh masyarakat luas.

“Kami akan selalu berusaha untuk memberi manfaat lebih pada umat islam pafa umumnya, salah satunya dengan peran serta kami mengikuti pentauan hilal ini.” jelasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jambi itu dihadiri Kabid Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah Fatahuddin, S.Ag., M.Pd.I mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi.
Menurutnya, dalam kesempatan itu Kakan Kemenag tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas lain.

Baca Juga  Polri Paparkan 10 Tips Masyarakat Untuk Wujudkan Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia

“Kami mewakili Bapak Kakan Kemenag yang sedang bertugas diluar.” Terang Fatahuddin.

Sebelum dilakukan pemantauan hilal, dilaksanakan juga Bimtek Hisab Rukyat Teknis Penyelenggaraan Rukyat Hilal di Daerah yang diikuti oleh utusan Kantor Kemenag kota/kabupaten se-Provinsi Jambi dengan pemateri Drs. Rahmadi, MHI. dari MUI Provinsi Jambi, Tasnim Rahman Fitra, S.Sy., M.H Dosen ilmu Falak Fakultas Syari’ah UIN Jambi dan Ibnu dari BMKG.

Baca Juga  Kapolda Jambi Dan Pemkot Inisasi Apel Bersama Penanggulangan Covid-19

Rahmadi menyampaikan dengan diselenggarakannya Bimtek penghitungan awal Dzulhijjah dengan berbagai metode ini diharapkan kita mengetahui lebih banyak dasar pengambilan hukum dalam penentuan hilal sehingga bisa saling menghargai keputusan yang diambil oleh ormas tertentu dalam menetapkan 1 Dzulhijjah 1444 H.

“Dengan bimtek ini diharapkan kita bisa memahami perbedaan dimasyarakat dalam penetapan 1 Dzulhijjah maupun 1 Syawal.” Harapnya.

“Mari perbedaan yang ada kita maknai sebagai hal yang positif.” tambah Rahmadi. (Red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Apresiasi Kesigapan Personelnya Bantu Warga Yang Sakit

Nasional

Kapolri Ucapkan Selamat Bagi Umat Islam di Seluruh Indonesia

Nasional

ASN Akan Dilarang Cuti Dihari Kejepit

Nasional

BKSDA Jambi Berhasil Merelokasi “Si Belang” dari Air Hitam.

Nasional

Perubahan Iklim Jadi Ancaman Lebih Seram dari Pandemi Covid-19

Nasional

Masjid Terapung Kendari Menjadi Puncak Perayaan Hari Pers Nasional

Nasional

Breaking News : Pertalite Naik Jadi Rp 10.000, Solar Naik Jadi Rp 6.800, Pertamax Naik Jadi Rp 14.500

Nasional

Peta Mangrove Nasional Tahun 2021: Baseline Pengelolaan Rehabilitasi Mangrove Nasional
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!