LIVE TV
Keakraban Bupati Dengan Kapolres Tanjab Barat Beserta Istri Diacara Ulangtahun Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat

Home / Ekonomi

Jumat, 24 September 2021 - 23:02 WIB

Bupati Tanjab Hadiri Pelepasan Ekspor Perdana Pinang Ke Jeddah Saudi Arabia.

Liputantanjab.com – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag menghadiri pelepasan ekspor perdana produk pinang tujuan Jeddah, Saudi Arabia. Ekspor perdana salah satu hasil bumi unggulan Provinsi Jambi utamanya Kabupaten Tanjung Jabung Barat tersebut secara resmi dilepas oleh Gubernur Jambi Al Haris di Jalan Lintas Timur tepatnya di RT.11 Penyengat Rendah Kecamatan Telanaipura, jum’at (24/09).

Ibrahim Basarewan, Perwakilan PT. Best Star Indonesia selaku eksportir yang difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan RI, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jambi dan Konsulat Jenderal RI di Jeddah menjelaskan berdirinya PT Best Star Indonesia berawal dari tingginya kebutuhan pinang di wilayah timur tengah ditambah lagi pinang hasil bumi jambi memang cukup diminati oleh sebagian besar negara di timur tengah.

“Harapan kami, pinang ini bukan hanya diminati oleh Bangladesh, India dan Pakistan namun juga negara-negara lainnya. Seperti kurma yang sudah jadi menu andalan untuk sarapan. Kalau Arab punya kurma, kita punya pinang dan mudah-mudahan suatu hari nanti pinang juga bisa menjadi sarapan pagi kita. Jambi memiliki kualitas yang sangat istimewa bahkan memiliki kualitas terbaik yakni didominasi warna putih. Nah ini hanya dimiliki oleh jambi,” ungkapnya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Hadiri Bimtek Aplikasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah Anggran 2023

Disampaikan perwakilan Importir Mohammad Faiz Abdul Hadi Mohammad Al Atar, diperkirakan pasar Saudi membutuhkan 23 (dua puluh tiga) kontainer pinang setiap bulannya dan perusahaannya mencoba mengimpor setengah dari kebutuhan pasar yakni sebanyak 13 (tiga belas) kontainer perbulan.

“Insya allah selain pinang, kedepan kami juga akan memulai impor komoditas lain misalnya minyak kelapa sawit, biji kopi, rempah-rempah, ikan, buah-buahan dan lain-lainnya dari Indonesia,” ujarnya.

Konsulat Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan bahwa besarnya jumlah diaspora dari india, pakistan dan bangladesh merupakan potensi pasar yang bisa dimanfaatkan meskipun pinang tidak menjadi konsumsi masyarakat Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa secara total nilai perdagangan indonesia dengan Arab Saudi saat ini mencapai 5 Milyar dolar.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan kegiatan ini merupakan ekspor perdana pinang dari Jambi khususnya dari Tanjung Jabung Barat yang mencapai 18 ton dengan nilai kurang lebih 700 sampai 800 juta rupiah. Gubernur berharap dengan adanya kepastian pasar pinang ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan petani.

Baca Juga  Perkebunan Kelapa Sawit Wajib Bersertifikasi ISPO di Provinsi Jambi Perlu Dipertanyakan

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah dapatkan pasar-pasar yang jelas ke Jeddah Arab Saudi untuk pinang. Harapannya dengan pastinya peluang pasar ini, bisa memotivasi petani-petani pinang kita untuk lebih giat lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tanjab Barat dalam wawancaranya menyampaikan bahwa sampai saat ini Tanjab Barat memiliki lahan pertanian dan perkebunan pinang yang mencapai 11.000 hektar dengan total produksi mencapai 22.000 Ton pertahunnya. Bupati berharap dengan adanya kegiatan ekspor ini bisa memotivasi petani pinang di Tanjab Barat yang mencapai lebih kurang 8.000 KK untuk lebih berkembang lagi.

“Harapan kita dengan adanya ekspor ini bisa lebih memotivasi petani pinang kita untuk berkembang lebih baik lagi kedepannya,” ujar Bupati.

Turut hadir pada acara pelepasan, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Beacukai Jambi, Kadis Perkebunan Propinsi Jambi, Dinas Perindag Provinsi Jambi dan undangan lainnya. Sementara secara virtual turut hadir Dirjen Kementerian Perdagangan RI Didi Sumedi, Konsulat Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono, Importir Muhammad Faiz Abdul Hadi Muhammad Al Athar dan Ibrahim Basarewan dari PT. best Star Indonesia.(*)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Sampah Menjadi Isu Dunia, Mapala Pamsaka Bagaikan Kantong Platik Kerumah Warga

Ekonomi

Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng, Polsek Pengabuan lakukan Pengecekan Rutin

Ekonomi

Dorong Kampanye Konservasi dan Potensi Wisata, Faji Tanjab Barat dan Para Penggiat Lakukan Ekspedisi

Ekonomi

Pendapatan PDRB 2021 Provinsi Jambi Naik Hingga 3,66%

Ekonomi

Bersama Bulog Kuala Tungkal, Anwar Sadat Resmi Lepas Penyaluran Cadangan Beras untuk Bantuan Pangan 2023

Ekonomi

Pencegahan Dan Pengawasan Kekayaan Intelektual

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Resmikan Sentra Industri Pengolahan Kelapa Terpadu dan Pelatihan Hilirisasi Kepala

Ekonomi

Optimalkan Pelayanan, Dihari Libur Bulog Kanca Kuala Tungkal Tetap Layani Masyarakat
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!