LIVE TV
Polisi Razia Gudang Antisipasi BBM Ilegal di Tanjab Barat Ribuan Simpatisan Dampingi UAS-Katamso Jalan Kaki Ke KPU Daftar Cabup Cawabup Tanjab Barat 2024-2029 Anwar Sadat Akan Jadi Dewan Pembina Kesenian Tanjab Barat Jangan Lewatkan Keseruan NOBAR Laga Final U-19 Timnas Indonesia VS Thailand Angkatan ZAZG Polres Tanjab Barat Syukuran Dan Berbagi Bersama Anak Yatim Piatu Dalam Rangka Aniversary Ke 20 Tahun

Home / gubernur jambi

Kamis, 30 Mei 2024 - 20:51 WIB

Gubernur Jambi Dorong Pembangunan Irigasi Batang Uleh Bungo


Liputantanjab.com,jambi-Gubernur Jambi Al Haris membantu untuk perjuangkan irigasi Batang Uleh yang merupakan sumber utama penyalur air di dua kecamatan yaitu Kecamatan Tanah Tumbuh dan Kecamatan Tanah Sepenggal.

“Kendala kita dipengairan tadi, nanti kita duduk bersama dengan balai sampai ada solusinya,” ujar Al Haris saat acara Gerakan Tanam Padi Sawah di Poktan Bougenvile dan Poktan Usaha Bersama Dusun Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Kamis (30/05/2024).

Diketahui irigasi Batang Uleh ini sudah memiliki kelengkapan berkas baik berupa desain dan lain sebagainya yang sudah diterima oleh balai sungai.
“Untuk itu, saya akan coba bantu follow up dan dikoordinasikan dengan balai sungai melalui SDA Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk ditangani dan dianggarkan pada 2025 mendatang,” jelasnya.

Gubernur Al Haris mengatakan bahwa ada program dari Kementerian Pertanian yaitu Optimasi Lahan, dimana Provinsi Jambi mendapatkan dana sekitar Rp68 Miliar.

“Tahun ini ada program dari Kementerian Pertanian, itu namanya optimasi lahan ya, kita Jambi dapat sekitar 68 miliar. Jadi untuk pembebasan lahan 20 hektar ini saya alihkan kesini,” ujarnya.

Lebih lanjut dalam sambutan dan arahannya Gubernur Al Haris mengatakan, kondisi pangan di Provinsi Jambi mengalami pasang surut.

Hal ini disebabkan karena ada alih fungsi lahan dari lahan sawah menjadi lahan kebun sawit sehingga luas lahan sawah menurun dan produksi padi juga menurun.

“Luasan sawah kita sudah menurun, ada beberapa tempat sudah alih fungsi lahan, sudah jadi lahan sawit dan sebagainya, maka panen kita juga turun,” katanya.

Haris mengatakan, Gerakan Tanam Padi Sawah merupakan bentuk aksi nyata Pemerintah Provinsi Jambi untuk menekan inflasi dan penguatan ketahanan pangan serta upaya mendukung percepatan antisipasi darurat pangan Indonesia.

Gubernur Al Haris mengungkapkan, di Provinsi Jambi pada 2024 telah ditetapkan sasaran tanam padi seluas 109.260 hektar.

Untuk mendukung pencapaian sasaran tersebut telah dialokasikan kegiatan-kegiatan pengembangan tanaman pangan, baik melalui anggaran yang bersumber dari dana APBN maupun APBD Provinsi Jambi.

Upaya pencapaian sasaran pengembangan tanaman pangan di Provinsi Jambi dilaksanakan melalui empat strategi utama, yaitu peningkatan produktivitas melalui insentifikasi pertanian, optimalisasi dan perluasan areal tanam, pengamanan produksi dan penguatan kelembagaan.

“Harapan kami mudahan petani kita tetap semangat menanam padi, mudah-mudahan apa yang kita buat hari ini, bantuan bibit dan alsintan dapat membantu hasil produksi meningkat,” pungkansya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Ikuti Kunker Bersama Panglima TNI dan Kapolri Secara Virtual

Share :

Baca Juga

gubernur jambi

Stadion Sepakbola Swarnabhumi Jambi Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

gubernur jambi

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK

gubernur jambi

Gubernur Beberkan Capaian Pembangunan Provinsi Jambi Saat Rapat Paripurna Bersama Anggota Dprd Provinsi

gubernur jambi

Gubernur Al Haris Hadiri Rangkaian BBGRM ke-XXI Merangin

gubernur jambi

Wagub Buka Even Kejuaraan Fun Race 2024

gubernur jambi

Optimis Selesai Tepat Waktu, Al Haris Yakin Islamic Center Jadi Ikon Baru Provinsi Jambi

gubernur jambi

Al Haris Minta Kades di Jambi Jaga Kedamaian-Netralitas Jelang Pilkada

gubernur jambi

Pertama Kali Terjadi di Jambi 2 Pejabat Negara Jadi Saksi Nikah, Sejarah Diukir Al Haris
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!