LIVE TV
Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn

Home / Industri

Senin, 27 Desember 2021 - 18:41 WIB

PERSAMI Plus Kopi Liberika Hasilkan Program Kemajuan Kopi Di Tahun 2022

Liputantanjab.com – PERSAMI Plus Kopi Liberika yang telah diselenggarakan tanggal 25-26 Desember 2021 menghasilkan beberapa fokus baru yang direkomendasikan untuk Program tahun 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Lumbung Kopi Liberika Haji Bangun, di sungai terap ini dihadiri beberapa pegiat kopi Liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Pada awalnya peserta yang telah mengonfirmasi kehadiran yaitu Pegiat Ekowisata Sukorejo, Peatland Coffee, Betara Civet, media online Liputan Tanjab, Kopi Kuale, Kaffeeid, Arsip Teater, beberapa pegiat kopi perorangan dan tuan rumah KUB Haji Bangun. Namun karena akses ke lokasi yang sulit ditambah cuaca yang tidak mendukung, peserta yang bisa hadir hanya dari Peatland Coffee, Ekowisata Sukorejo, Betara Civet, tuan rumah KUB Haji bangun dan kelompok pemuda setempat.

Meskipun jumlah peserta tidak sesuai ekspektasi di perencanaan kegiatan, peserta yang hadir tetap melakukan diskusi intensif soal perkembangan kopi liberika di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur pada malam hari ditemani api unggun dan menu ayam dan ikan bakar yang menggugah selera.

Baca Juga  Mengenal Aldo Gusmawan Content Creator Fotografi dan Videografi

Menyesuaikan dengan peserta yang hadir, maka diskusi pada PERSAMI Plus Kopi Liberika ini lebih diarahkan pada target jangka menengah para peserta yang hadir untuk merespons perkembangan yang kemungkinan akan segera terjadi. Misalnya untuk KUB Haji Bangun, beberapa bulan ke depan KUB Haji bangun akan disibukkan dengan pembangunan sanggar untuk dikelola oleh Arsip Teater. Pembangunan sanggar seni ini bertujuan untuk menghidupkan kesenian dan kebudayaan lokal di Sungai Terap dan Kecamatan Betara khususnya. Mas Firdaus menyampaikan ;

“Sanggar ini nantinya akan berfungsi sebagai wadah untuk berkreativitas bagi masyarakat sekitar. Sudah menjadi tanggung jawab saya untuk membantu dan berkontribusi untuk menjaga kebudayaan yang ada di kampung saya” Ujarnya dalam penyampaian kepada peserta diskusi.

Baca Juga  Trobosan Baru Kukerta STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Posko 3, Beri Karya Batik Tulis

Dalam hal ini, Mas Firdaus yang mendorong Arsip Teater untuk mengelola sanggar dan kegiatan kreatif masyarakat berharap pemuda di Sungai Terap, khususnya di Sungai Haji dapat terlibat dan berperan aktif untuk mengisi kegiatan-kegiatan positif disana.

“Kami juga menyediakan lokasi untuk belajar bagi siapapun dalam hal proses paska panen kopi liberika, selain itu kami di tahun 2022 juga sudah akan membuka warung kopi di rumah produksi kopi liberika KUB Haji Bangun sehingga kegiatan kemasyarakatan disini dapat bergerak secara simultan dan sinergis, itu butuh partisioasi pemuda dan pemudi disini” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Industri

Standardisasi Kopi Liberika Telah di Sampaikan Pada Munas 1 Dekopi di Padang

Industri

Ini Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar

Industri

Bupati Tanjab Barat Didampingi Ketua TP-PKK Gelar Launching Becak Transportasi Wisata Di WFC

Events

Barista Kopi Kuale Ikuti Uji Kompetensi Barista yang di Adakan Yayasan Etalase Jambi

Industri

Mengenal Aldo Gusmawan Content Creator Fotografi dan Videografi

Industri

Trobosan Baru Kukerta STAI An-Nadwah Kuala Tungkal Posko 3, Beri Karya Batik Tulis

Industri

Potensi Kopi Robusta dan Alam Desa Penoban, Batang Asam, Tanjung Jabung Barat.

Industri

Inspiratif ! Limbah Kopi Petani Garut Ini Sukses Disulap Jadi Produk Kaya Nutrisi
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!