LIVE TV
Polisi Razia Gudang Antisipasi BBM Ilegal di Tanjab Barat Ribuan Simpatisan Dampingi UAS-Katamso Jalan Kaki Ke KPU Daftar Cabup Cawabup Tanjab Barat 2024-2029 Anwar Sadat Akan Jadi Dewan Pembina Kesenian Tanjab Barat Jangan Lewatkan Keseruan NOBAR Laga Final U-19 Timnas Indonesia VS Thailand Angkatan ZAZG Polres Tanjab Barat Syukuran Dan Berbagi Bersama Anak Yatim Piatu Dalam Rangka Aniversary Ke 20 Tahun

Home / Mapala / Uncategorized

Minggu, 11 Agustus 2024 - 21:28 WIB

Mapala Pamsaka Adakan Seminar Nasional di Hari Konservasi Alam

LIPUTANTANJAB.COM – Mahasiswa Pencinta Pecinta Alam Mahasiswa Iai An-Nadwah Kuala Tungkal (Mapala Pamsaka) Mengadakan Seminar Nasional Lingkungan Hidup dalam rangka peringatan hari Konservasi Alam Nasional.

Kegiatan ini dilaksankan di Aula Kampus IAI An-Nadwah Kuala Tungkal dengan tema Meningkatkan Generasi Muda Dalam Menerapkan Keterampilan Hijau di Era Global Warming, pada Senin (11/08/2024)

Dengan pemateri Nurul Hidayah Tumadi, LC.MA dengan materi tentang hablum minallah, hablum minannas, hablum minal alam dan Pemateri kedua Dwi Nanto dengan Materi situasi pengelolaan lingkungan hidup di Jambi perwakilan WALHI.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Heru Setiawan SPd.I.,M.Pd.I ( Rektor), dan dihadiri Unit Kegiatan Khusus/Unit Kegiatan Mahasiswa(UKK/UKM), Mapala Pamsaka, Racana, KSR, Menwa,Forsima dan Mitra divisi Pamsaka, Aopgi Tanjab Barat, Faji Tanjab Barat, FPTI Tanjab Barat, Sanggar Alam Delima (SAD), Sispala BUMIPALA, Serta Sekolah menengah atas dan Sekolah Menengah Kejuruan SMK 2 Tanjab Barat.

Dokumentasi Tamu Undangan dan Mitra pamsaka

 

Aswat selaku ketua panitia pelaksana menyampai Seminar Nasional ini bertujuan untuk menjawab segala problem yang terjadi pada Lingkungan Hidup di Provinsi Jambi Serta Hubungan Manusia dengan Allah, Manusia dan Alam.

Baca Juga  Sampah Menjadi Isu Dunia, Mapala Pamsaka Bagaikan Kantong Platik Kerumah Warga

“Agar mahasiswa dan peserta seminar memiliki minat, semangat dan lebih bisa menjaga lingkungan serta menjadikan diri secara pribadi lebih aktif menjaga lingkungan”,lanjutnya. Ia juga menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada panitia dan peserta yang terlibat.

Nurul Hidayah Tumadi, LC.MA sebagai pemateri mengatakan peringatan Hari Konservasi Alam ini mengajarkan kepada banyak manusia tentang hubungan dengan Allah, manusia dan alam, serta pentingnya menjaga lingkungan baik untuk diri sendiri dan banyak umat Manusia.

“Manusia dengan Alam, Islam memerintahkan memperhatikan lingkungan dengan perhatian khusus, khususnya terhadap semua yang kita bisa lihat dari alam ini, Allah menciptakan dan menyediakan alam ini untuk kita nikmati, untuk keberlangsungan hidup kita dan seluruh generasi umat manusia sampai qiamat tiba”.

{هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا } [هود: 61]

Baca Juga  Kejuaraan Balap Motor Jambi Fun Race 2024 Resmi Dibuka, Abdullah Sani : Energi Positif Bagi Perkembangan Olahraga Otomotif Skala Lokal dan Nasional

Lanjutnya

Dokumentasi penyampaian materi seminar nasional

Pemateri kedua Dwi nanto juga juga mengatakan dari kegiatan ini di harapkan mahasiswa dan peserta yang hadir bisa mendapatkan keridhoan Allah SWT serta bisa lebih peduli lagi terhadap Lingkungan dan bisa menjadikan alam yang ada di Jambi khususnya di Tanjab Barat bisa di jaga dan dilestarikan alamnya.

“Maraknya Aktivitas memproduksi CO2, penggunanaan bahan bakar fosil (batu bara dan minyak bumi), Industri pertanian yang menggunakan pupuk kimia dan membuka hutan, Industri Peternakan seperti sapi menghasilkan metana dan karbon dioksida (dikeluarkan dari kentut dan kotoran sapi)”,ujarnya

Dwi juga menambahkan hilangnya petugas pembuat O2, penghancuran sumber daya alam didarat dan dilaut, menyebabkan menipisnya jumlah pohon-pohon yang berfungsi untuk menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan Oksigen.

“Jadi permasalahan lingkungan ini merupakan permasalahan internasional, yang melibatkan segalaga unsur dari yang terbesar hingga terkecil dan harus diketahui dari usia dini untuk generasi akan sadar terhadap dampak lingkungan”, harapnya. (Cecep)

Share :

Baca Juga

Mapala

Anniversary Mapala Pamsaka Kampus Stai An-Nadwah Kuala Tungkal Ke-8 di Kedai Kopi Kuale

Uncategorized

Bupati Tanjab Barat Cek Langsung Perbaikan Jalan Hidayat Kelurahan Tungkal III

Mapala

Anggota Muda Mapala Pamsaka Adakan Ekspedisi di Sungai Tantang Batang Asam

Uncategorized

Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat Hadiri Halal Bihalal TP PKK di Balai Pertemuan Kantor Bupati

Uncategorized

Rapat Pemantapan Festival Arakan Sahur, Tanjab Barat Siapkan Gerai Vaksinansi

Uncategorized

Cegah Inflasi, Bulog Kanca Kuala Tungkal Bersama Tanjab Timur Gelar Pasar Murah

Uncategorized

Menang Aklamasi, Firdaus Akan Nahkodai FAJI Tanjung Jabung Barat

Uncategorized

Bersama Panti Asuhan, Mapala Pamsaka Adakan Lomba Ayat – Ayat Pendek
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!