LIVE TV
Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn

Home / gubernur jambi

Rabu, 29 Mei 2024 - 16:23 WIB

Pemprov Jambi dirikan Toko Inflasi di Kabupaten Kerinci respons inflasi tinggi


Liputantanjab.com,Pemerintah Provinsi Jambi mendirikan Toko Inflasi di Kabupaten Kerinci sebagai respons atas tingginya angka inflasi di daerah tersebut.

Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa, mengatakan inflasi di Kerinci menjadi evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena masuk dalam 10 kabupaten tertinggi.

Haris mengatakan Kerinci termasuk daerah penghasil, namun hasil perkebunan seperti beras, cabai dan lainnya banyak dijual keluar daerah seperti Sumatera Barat dan Bengkulu karena harga lebih tinggi.

Dampaknya, kata dia, harga sembako di daerah tersebut menjadi tinggi karena pasokan yang terbatas.

“Ketika tren hukum dagang ini berlangsung bahwa pedagang lebih cenderung menjual pada yang lebih mahal harganya, sehingga pasokan Kerinci itu lebih banyak dijual ke luar Provinsi Jambi termasuk juga ke Sumatera Barat, ke Bengkulu sehingga pasokan dalam daerah Kerinci terganggu dan muncullah kemahalan itu,” kata Haris.

Untuk mengendalikan inflasi di Kerinci, Pemprov Jambi siap menciptakan toko inflasi di pasar dengan harapan dapat mengendalikan harga pangan di daerah tersebut.

“Minggu depan kita akan ciptakan toko inflasi di Kerinci, di pasar di Kota Sungai Penuh dengan harapan menjadi tumpuan masyarakat agar harga bisa terstandard dengan baik di Kerinci nantinya,” kata Gubernur.

Haris juga mengingatkan kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi dan Kerinci untuk memantau pergerakan harga pangan dan memastikan pasokan sembako cukup untuk kebutuhan masyarakat di sana.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi melaporkan inflasi di Kabupaten Kerinci pada April 2024 sebesar 6,09 persen (yoy).

Kepala BPS Agus Sudibyo mengatakan mengingatkan TPID terkait tingginya angka inflasi.

Inflasi di Kerinci dipengaruhi adanya kenaikan sejumlah komoditas penyumbang inflasi yaitu bawang merah yang naik 75 persen pada April 2024 dibanding harga bulan sebelumnya. Kemudian harga cabai rawit mengalami kenaikan sebesar 7 persen.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tiba di Jambi, Disambut Gubernur Al Haris

Share :

Baca Juga

gubernur jambi

Gubernur Al Haris Hadiri Rangkaian BBGRM ke-XXI Merangin

gubernur jambi

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi dan Kabupaten/Kota Butuh Pembinaan KPK

gubernur jambi

Gubernur Jambi Dorong Pembangunan Irigasi Batang Uleh Bungo

gubernur jambi

Presiden Jokowi Tiba di Jambi, Disambut Gubernur Al Haris

gubernur jambi

Kota Jambi Makin Macet, Al Haris Lobi Pusat Minta Flyover

gubernur jambi

Pesta Pernikahan Putri Sulung Gubernur Jambi. Pesta Untuk Seluruh Masyarakat Jambi

gubernur jambi

Hadir Peringatan May Day 2024, Al Haris Bagikan 1.000 Paket Sembako

gubernur jambi

Gubernur Beberkan Capaian Pembangunan Provinsi Jambi Saat Rapat Paripurna Bersama Anggota Dprd Provinsi
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!