LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Pemerintahan

Kamis, 2 Juni 2022 - 23:28 WIB

Ini Pesan Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat Dalam kuliah Umum ““Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate”

Liputantanjab.com – Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi menggelar kuliah umum dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing di dunia pekerjaan, dengan tema “Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate”.

Kuliah umum ini digelar di Aula Lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Jisipol) dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Arfa’i, SH.MH serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., MIpol, Kamis (02/05/22).

Duduk sebagai narasumber yakni Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat, Syuprayogi Siaful serta dipandu Moderator Dori Efendi, Ph.d dan diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

Baca Juga  Raih Penghargaan Opini WTP Dari BPK, Ini Kata Ketua DPRD Tanjab Barat

Selaku Moderator, Dori menjelaskan mahasiswa Jisipol harus mampu menganalisi situasi perpolitikan yang sedang memanas. Utamanya, perang yang sedang terjadi di Ukraina.

“Perang antara Ukraina dan Rusia diawali dengan perang kepentingan yang tidak terelakkan lagi, motif utamanya tentu ekonomi,” tulisnya.

Dalam paparannya, Yogi sebagai narasumber menyebutkan bahwa konflik di antara negara tersebut memberikan pengaruh terhadap Indonesia.

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses pelaksanaannya di pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai mahasiswa Jisipol kata Yogi penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi suatu keharusan yang harus dimiliki.

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Hadiri Rakor Penanganan Covid Bersama Forkopimda Seprovinsi Jambi

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,” jelasnya.

Diharapkan dalam kegiatan ini, mahasiswa Jisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit.

Para mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. (*)

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Sekda Bersama Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Laksanakan Rapat Peninjauan Lapangan Dan Pengelolaan SLB

Pemerintahan

Anggota Banggar DPRD Tanjab Barat : Proyek Rumdis Wabup Sempat Terjadi Perdebatan

Pemerintahan

Kerjasama Antara Bupati Tanjabbar Dengan Pemerintah Riau

Pemerintahan

Ketua TP-PKK Tanjab Barat Hadiri Pelatihan Dasawisma Sebagai Garda Terdepan

Pemerintahan

Ketua DPRD Tanjab Barat Angkat Bicara Terkait Polemik Renovasi Pujasera Kuala Tungkal

Pemerintahan

DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Penyampain Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Pembahasan LKPJ

Pemerintahan

Ucok Mora Pimpin Rapat Paripurna 3 (Tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Pemerintahan

DPRD Tanjab Barat Gelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Hasil Reses Kedua Tahun Sidang 2022-2023
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!