LIVE TV
Keakraban Bupati Dengan Kapolres Tanjab Barat Beserta Istri Diacara Ulangtahun Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat

Home / gubernur jambi

Selasa, 23 April 2024 - 14:27 WIB

Gubernur Jambi Masih Larang Angkutan Batu Bara Melintas di Jalan Umum

Liputantanjab.com,Jambi – Gubernur Jambi Al Haris memastikan bahwa hingga saat ini angkutan batu bara masih dilarang beroperasi di jalan umum. Larangan ini berlaku sejak arus mudik Lebaran 2024 lalu hingga sekarang.
“Penyebab tidak beroperasinya angkutan batu bara lantaran tidak siapnya stockpile atau pelabuhan batu bara, sehingga angkutan batu bara dilarang beroperasi,” kata Al Haris, Selasa (23/4/2024).

Al Haris mengatakan bahwa angkutan batu bara dilarang beroperasi di jalan umum hingga perusahaan siap mengikuti aturan. Pemprov Jambi mengeluarkan aturan itu demi kelancaran arus jalan umum, serta aktivitas batu bara juga tak terkendala hingga jalan khusus batu bara selesai.


Bahkan, Al Haris mengaku akan melakukan pertemuan bersama pemilik perusahaan batu bara Jambi dalam waktu dekat agar kesiapan perusahaan dalam membangun pelabuhan batu bara bisa terlaksana.

“Kita mau rapat lagi mengevaluasi, artinya kan semua TUKS atau pelabuhan-pelabuhan yang ditunjuk belum banyak siap saat ini. Makanya kita rapatkan agar mereka semua siap,” ujar Al Haris.


Al Haris juga menegaskan tak akan membuka izin bagi angkutan batubara melintasi jalan umum hingga perusahaan batubara itu sudah mengikuti aturan yang ada. Apalagi Al Haris menyebutkan bahwa perusahaan harus siap memiliki pelabuhan tersendiri agar tidak terjadi lagi kemacetan di jalan.

“Intinya kita akan memulai proses angkutan, menunggu sudah siap (pelabuhan batu bara). Kalau belum jangan, nanti akan menimbulkan kemacetan,” terangnya

Al Haris mengungkapkan pasokan batu bara untuk PLN di area Sumatera saat ini terganggu akibat dihentikannya aktivitas batu bara ini. Akan tetapi langkah ini bertujuan agar angkutan batu bara berjalan lancar lalu tidak menyebabkan kemacetan.

“Rencana kita ingin memenuhi permintaan PLN yang sudah terkontrak, itu tidak terganggu. Tetapi intinya kita ingin kesiapan perusahaan agar semua berjalan baik,” ucap Al Haris.

Baca Juga  Wagub Jambi Abdullah Sani sebut Pramuka punya Peran Strategis untuk Dunia Pendidikan

Share :

Baca Juga

gubernur jambi

Gubernur Al Haris Buka Rakor dan Bimtek Pengelolaan DAK Fisik Pendidikan 2024

gubernur jambi

Sambut Hari Raya Idul Fitri, Gubernur Al Haris: Mari Kita Saling Memaafkan

gubernur jambi

Stadion Sepakbola Swarnabhumi Jambi Ditarget Rampung Akhir Tahun Ini

gubernur jambi

Wagub Buka Even Kejuaraan Fun Race 2024

gubernur jambi

Gubernur Jambi serahkan bonus kontingen Popnas dan Peparpenas

gubernur jambi

Pertama Kali Terjadi di Jambi 2 Pejabat Negara Jadi Saksi Nikah, Sejarah Diukir Al Haris

gubernur jambi

Bersama Ribuan Warga, Gubernur Jambi Al Haris Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Falah

gubernur jambi

Gubernur Jambi minta tongkang tabrak jembatan beri ganti rugi
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!