LIVE TV
Polisi Razia Gudang Antisipasi BBM Ilegal di Tanjab Barat Ribuan Simpatisan Dampingi UAS-Katamso Jalan Kaki Ke KPU Daftar Cabup Cawabup Tanjab Barat 2024-2029 Anwar Sadat Akan Jadi Dewan Pembina Kesenian Tanjab Barat Jangan Lewatkan Keseruan NOBAR Laga Final U-19 Timnas Indonesia VS Thailand Angkatan ZAZG Polres Tanjab Barat Syukuran Dan Berbagi Bersama Anak Yatim Piatu Dalam Rangka Aniversary Ke 20 Tahun

Home / gubernur jambi

Rabu, 29 Mei 2024 - 16:23 WIB

Pemprov Jambi dirikan Toko Inflasi di Kabupaten Kerinci respons inflasi tinggi


Liputantanjab.com,Pemerintah Provinsi Jambi mendirikan Toko Inflasi di Kabupaten Kerinci sebagai respons atas tingginya angka inflasi di daerah tersebut.

Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa, mengatakan inflasi di Kerinci menjadi evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena masuk dalam 10 kabupaten tertinggi.

Haris mengatakan Kerinci termasuk daerah penghasil, namun hasil perkebunan seperti beras, cabai dan lainnya banyak dijual keluar daerah seperti Sumatera Barat dan Bengkulu karena harga lebih tinggi.

Dampaknya, kata dia, harga sembako di daerah tersebut menjadi tinggi karena pasokan yang terbatas.

“Ketika tren hukum dagang ini berlangsung bahwa pedagang lebih cenderung menjual pada yang lebih mahal harganya, sehingga pasokan Kerinci itu lebih banyak dijual ke luar Provinsi Jambi termasuk juga ke Sumatera Barat, ke Bengkulu sehingga pasokan dalam daerah Kerinci terganggu dan muncullah kemahalan itu,” kata Haris.

Untuk mengendalikan inflasi di Kerinci, Pemprov Jambi siap menciptakan toko inflasi di pasar dengan harapan dapat mengendalikan harga pangan di daerah tersebut.

“Minggu depan kita akan ciptakan toko inflasi di Kerinci, di pasar di Kota Sungai Penuh dengan harapan menjadi tumpuan masyarakat agar harga bisa terstandard dengan baik di Kerinci nantinya,” kata Gubernur.

Haris juga mengingatkan kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi dan Kerinci untuk memantau pergerakan harga pangan dan memastikan pasokan sembako cukup untuk kebutuhan masyarakat di sana.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi melaporkan inflasi di Kabupaten Kerinci pada April 2024 sebesar 6,09 persen (yoy).

Kepala BPS Agus Sudibyo mengatakan mengingatkan TPID terkait tingginya angka inflasi.

Inflasi di Kerinci dipengaruhi adanya kenaikan sejumlah komoditas penyumbang inflasi yaitu bawang merah yang naik 75 persen pada April 2024 dibanding harga bulan sebelumnya. Kemudian harga cabai rawit mengalami kenaikan sebesar 7 persen.

Baca Juga  Gubernur Jambi Masih Larang Angkutan Batu Bara Melintas di Jalan Umum

Share :

Baca Juga

gubernur jambi

Bersama Ribuan Warga, Gubernur Jambi Al Haris Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Falah

gubernur jambi

Pemprov Jambi Raih Penghargaan WTP ke-12, BPK Masih Temukan 3 Masalah Ini dalam Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2023

gubernur jambi

Gubernur Jambi Masih Larang Angkutan Batu Bara Melintas di Jalan Umum

gubernur jambi

Al Haris Minta Kades di Jambi Jaga Kedamaian-Netralitas Jelang Pilkada

gubernur jambi

Pesta Pernikahan Putri Sulung Gubernur Jambi. Pesta Untuk Seluruh Masyarakat Jambi

gubernur jambi

Ini Harapan Gubernur Jambi Al Haris Setelah Danau Sipin Dilirik nvestor dari Korea Selatan

gubernur jambi

Gubernur Jambi lantik Gugus Tugas Daerah Bisnis HAM

gubernur jambi

Gubernur Jambi Dorong Pembangunan Irigasi Batang Uleh Bungo
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!