LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Uncategorized

Selasa, 11 Juli 2023 - 20:51 WIB

Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Kick Off Rakornas P3PD

LIPUTANTANJAB.COM – Mewakili Bupati, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Hairan menghadiri Kick Off Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Acara yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Selasa (11/07/2023) tersebut dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam arahannya Mendagri menyatakan komitmen dalam memperkuat Pemerintahan Desa dinilai penting untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa. Sebab desa memiliki peran yang penting dalam mewujudkan salah satu Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran.

Baca Juga  Ini Tuntutan HMI Demo di Depan Gedung DPRD Tanjab Barat

“Kenapa acara ini diselenggarakan bahwa salah satu visi Bapak Presiden Jokowi pada saat perpanjangan tahun 2014 tahun pertama adalah membangun dari pinggiran, pinggiran ini adalah satu di pedesaan pedesaan yang kedua perbatasan,” ujar Mendagri.

Dijelaskan oleh Mendagri, penguatan Pemerintahan Desa perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya urbanisasi yang masif. Selain itu, langkah tersebut juga diperlukan untuk mendorong lahirnya sentra perekonomian baru di Desa.

Mendagri menyadari, untuk mewujudkan upaya itu bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan di Desa masih terdapat sejumlah tantangan yang perlu diatasi, salah satunya peningkatan kapasitas kepala desa.

Baca Juga  Wabup Tanjab Barat Resmikan Loket Pelayanan Pertahanan

Menurutnya, sistem pemilihan Kepala Desa yang dipilih langsung oleh rakyat memungkinkan masyarakat memperoleh pemimpin yang inovatif, kreatif, dan memiliki kemampuan dalam memimpin. Namun di sisi lain, sistem itu juga memungkinkan masyarakat mendapatkan pemimpin yang masih membutuhkan pemahaman menyeluruh mengenai kemampuan manajerial, birokrasi, dan memahami aturan pemerintahan.

Oleh karena itu, peningkatan kapasitas dibutuhkan agar kapasitas Kepala Desa lebih unggul dan merata di semua Desa. Kapasitas tersebut salah satunya mengenai pengelolaan keuangan di lingkup Pemerintahan Desa.(rls)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Bupati Tanjab Barat Apresiasi Kegiatam Karya Bhakti TNI Kodim 0419/Tanjab

Uncategorized

Sambut Ketua KNPI Terpilih, Bupati Minta Segera Laksanakan Pelantikan.

Uncategorized

Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jambi Tetapkan Satu Tersangka Ilegal Access Pencetakan E-KTP

Uncategorized

Dibulan Suci Ramadhan, BIN Jambi Lakukan Vaksinasi di Puskesmas II Kuala Tungkal

Uncategorized

Akibat Pemadaman Listrik, Nyaris Terjadi Kebaran Besar

Uncategorized

TPP ASN Belum Cair, Harus Sekda Bertanggungjawab

Uncategorized

Cegah Inflasi, Bulog Kanca Kuala Tungkal Bersama Tanjab Timur Gelar Pasar Murah

Uncategorized

Kapal Dengan Tujuan Tanjung Pinang Terbalik, Banyak Korban Jiwa
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!