LIVE TV
Polres Tanjab Barat Fasilitasi Pertemuan Pengecer BBM dengan Dinas Koperindag Kab. Tanjab Barat Breaking News,, Pria Ini Potong Leher Ayahnya Hingga Putus Kuala Tungkal di Hebohkan Dengan Tersebarnya Video Bentrok Antar Pemuda Kapolres Tanjab Barat Instruksikan Lakukan Pengecekan Minyak Goreng Menjelang Bulan Ramadhan Sat Polair Polres Tanjab Barat Kembali Patroli Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng

Home / Ekonomi

Rabu, 15 Desember 2021 - 16:30 WIB

Sharing dan Silaturahmi Kelompok Tani Rengas Lestari, Briket Upih Pinang

Liputantanjab.com – Bermula Dari Resahnya Masyakarat Dengan Limbah Pelepah Pinang, Pak Guntoro Melakukan Penemuan Upih Pinang Diolah Menjadi Arang (BRIKET) yang Ramah Lingkungan.

Akhirnya Kelompok Tani Rengas Lestari Teluk Kulbi yang diwakili Pak Guntoro dan Ardyan Eka Saputra Melakukan  Pertemuan Dengan Sekretaris Diskoperindag Tanjung Jabung Barat Drh. R. Budiono Riyadi.

Drh. R. Budiono Riyadi Selaku Sekretaris Diskoprendag menjelaskan, pak gunturo dari kelompok tani rengas lestari berkonsultasi mengembangakan kerajinan upih pinang salah satunya Briket yang menjadi energi baru.

“Briket dari pelepah pinang memiliki ketahan lebih dibandingkan tempurung dan asap relatif tidak banyak, jadi sangat efektif digunakan dikabupaten kita yang penuh dengan kearifan lokal dengan bahan baku gampang didapat didaerah kita”, jelasnya

Baca Juga  Wisata Cafe Alas Menjadi Potensi Besar Wisatawan Ke Desa Delima

Jika menggunakan kayu akan membutuhan bahan yang sangat banyak, dan bakal menebang kayu, menggunakan briket upih pinang sangat mengurangi limbah ditempat kita dan memberikan benefit yang besar, lanjutnya.

Pak budiono menyarankan, perlu kerja sama dengan pemerintah atau OPD agar memfasilitaskan briket upih pinang dapat diproduksi lebih banyak lagi dan dapat menghemat tenaga untuk mencukupi kebutuhan masyakat yang sebagian besar diteluk kulbi sudah menggunakan breket ini.

Produk turunan briket upih pinang, salah satunya dapat diolah sebagai aroma terapi yang ditambah seperti kopi, kayu manis atau bunga-bungaan yang sangat bagus untuk penghangat diruangan seperti diluar negri pada saat musim dingin dan diharapkan dapat nerunkan produk-produk lainnya yang sangat bermamfaat, dan produk baru nanti bakal kita lakukan riset bersama tim ahli, jelasnya.

Baca Juga  Sampah Menjadi Isu Dunia, Mapala Pamsaka Bagaikan Kantong Platik Kerumah Warga

Sekretaris menjelaskan kepada pak guntoro sebelum melalukan kerjasama terhadap perusahan besar lebih baik melalukan ijin Haki terlebih dahulu agar dapat melindungin penemu-penemu kita dan mendapatkan aspirasi dari perusahaan yang melakukan kerjasama, dan nanti dari pihak diskoperindag akan membantu pendaftaran haki melalui online atau pun manual.

Pak guntoro perwakilan Rengas Lestari, sangat senang atas respon positif dari sekeretaris diskoperindag yang memberi saran dan dukungan atas invosi yang kami lakukan dari briket upih pinang dan berterima kasih untuk membantu melakukan ijin HAKI.

Dari pertemuan ini sangat memberi motivasi kami terhadapat petani agar terus berkembang dan lebih memahami ijin, tutupnya.

Penulis  : Vanholand
Editor    : Nurhuda

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Harga Buah Pinang Anjlok, Ketua Umum Ikami Sulsel Tanjab Barat Angkat Bicara

Ekonomi

Bupati Tanjab barat Pimpin Rapat Tindak Lanjut Terkait Pembangunan Jembatan Sungai Nibung

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Mengisi Kegiatan Pelatihan Teknis Non ASN Angkatan XXVII

Tanjab Barat

Ketua APP-RI Tanjab Barat Dorong Masyakat Peduli Sampah

Ekonomi

Wabup Tanjab Barat Hadiri Puncak Festival Candi Muara Jambi XVI Tahun 2021

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Resmikan Sentra Industri Pengolahan Kelapa Terpadu dan Pelatihan Hilirisasi Kepala

Ekonomi

Bupati Tanjab Hadiri Pelepasan Ekspor Perdana Pinang Ke Jeddah Saudi Arabia.

Ekonomi

Ketua TP-PKK Tanjab Barat Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Khas Tanjung Jabung Barat Penilaian Bazar MTQ
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!