LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Tanjab Barat

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:49 WIB

Sekda Tanjab Tanjab Ikuti Rapat Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah

LIPUTANTANJAB.COM – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ir.H.Agus Sanusi,M.Si Mengikuti Rapat Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, bertempat di Ruang Rapat Bupati, Selasa(23/08).

Turut hadir mengikuti zoom meeting tersebut, Kepala OPD, Para Kabid dan Kabag dilingkup Pemerintahan Setda Tanjab Barat, serta tamu undangan lainnya.

Rapat yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2022.

Dalam arahannya, Mendagri Tito Karnavian mengatakan bahwa musibah pandemi Covid-19 yang tengah terjadi di dunia berdampak luas terhadap kegiatan lintas nasional maupun lintas negara yang melambat sehingga berpengaruh bagi kehidupan ekonomi bangsa.

“Di Indonesia sering mengalami banyak kesulitan dalam menjaga stabiltas kegiatan ekonomi seperti krisis pangan dan energi. Krisis pangan dan energi ini memicu tekanan Inflasi dan perlambatan ekonomi negara mitra dagang. Yang mana di Indonesia sendiri inflasi pangan meningkat sementra inflasi energi masih rendah,” ucapnya

Baca Juga  Anggota DPRD Tanjab Barat (BA), Resmi Ditahan Kejaksaan Negeri

Ia meminta kepada gubernur dan bupati/wali kota untuk menyusun peta jalan dan rencana aksi penyelenggaraan pengendalian inflasi daerah yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Daerah. Tugas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berdasarkan Kepmendagri Nomor 500.05-8135 tanggal 2 Oktober 2017, tugas TPID provinsi diantaranya melakukan pengumpulan data dan informasi perkembangan harga barang kebutuhan pokok dan penting, barang lainnya serta jasa pada tingkat provinsi.

Selain itu, menyusun kebijakan pengendalian inflasi pada tingkat provinsi dengan memperhatikan kebijakan pengendalian inflasi nasional, memperkuat sistem logistik pada tingkat provinsi, melakukan koordinasi dengan TPIP dan TPID kabupaten/kota serta melakukan langkah lainnya dalam penyelesaian hambatan/permasalahan pengendalian inflasi pada tingkat provinsi.

Meskipun demikian, ia sampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh lebih baik dibandingkan negara berkembang dan negara maju lainnya. Maka dari itu Pemerintah Pusat maupun Daerah saat ini harus tetap berkerjasama melakukan berbagai trobosan-trobosan dalam menahan lajunya inflasi. Salah satunya dengan cara melakukan penghematan sumber energi yang ada sehingga tercukupi kemudian mengalokasikan dana bantuan sosial tepat guna dan tepat sasaran serta membuat sistem pemantau pasar, kebutuhan dan harga pasokan barang.

Baca Juga  Nova Anggun Sari Anggota Dewan Perwakilan Perempuan Milenial Mendukung Bacaleg Perempuan PAN 2024

Sementara itu, dalam wawancaranya Sekretaris Daerah Ir.H.Agus Sanusi,M.Si menyampaikan bahwa rapat pada hari ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat dan kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

“Tadi sudah banyak sekali yang disampaikan oleh bapak Mendagri terkait Inflasi, dan ada banyak faktor-faktor baik internal maupun eksternal , untuk itu kita harus mengantisipasi,” ungkapnya

Sementara itu, dalam wawancaranya Sekretaris Daerah Ir.H.Agus Sanusi,M.Si menyampaikan bahwa rapat pada hari ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat dan kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

“Tadi sudah banyak sekali yang disampaikan oleh bapak Mendagri terkait Inflasi, dan ada banyak faktor-faktor baik internal maupun eksternal , untuk itu kita harus mengantisipasi,” ungkapnya. (**)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tinjau Kesiapan Masjid Pastikan Ibadah Mematuhi Prokes

Tanjab Barat

Rapat membahas Kerjasama Pemkab Tanjab Barat dengan Bank Syari’ah Indonesia (BSI)

Tanjab Barat

Wakil Bupati Tanjab Barat Ikuti Senam Bersama Haornas ke-40 dan HUT TNI ke-78

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat dan Forkopimda ikuti Upacara HUT TNI Ke-76 secara virtual

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Bersama Fadhilah Sadat Resmikan PAUD AL-Ansor di Sungai Terap

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Meraih Penghargaan Menteri Agama RI

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Beri 3 Poin Dalam Safari Jumat di Masjid Arrahman Kuala Betara

Polres Tanjab Barat

Amankan Pelaksanaan Pawai Takbiran, Polres Tanjab Barat Kerahkan 82 Personil
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!