LIVE TV
Kapolres Tanjab Barat Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial BLT Subsidi BBM, Bantuan Sosial Sembako dan PKH di Kantor Pos Kuala Tungkal Polres Tanjab Barat Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Tahun 2022 Belasan Ruko Hingga Rumah di Kawasan WFC Habis Terbakar WhatsApp, Hari Ini Pengguna Keluhkan WA Error Breaking News : Terjadi 3 Kali Musibah Kebaran di Kota Kuala Tungkal

Home / Bisnis

Rabu, 11 Agustus 2021 - 23:10 WIB

Panen Jahe Merah Dan Peresmian UMKM Desa Sungai Muluk Oleh Bupati Tanjab Barat

Liputantanjab.com – Masih dalam momen peringatan Hari Jadi Ke-56 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bupati Anwar Sadat dan Wakil Bupati Hairan menghadiri acara panen jahe merah dan peresmian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Desa Sungai Muluk Kecamatan Muara Papalik, rabu (11/08).

Jahe merah hasil produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) desa sungai muluk dan desa bukit indah ini merupakan pola kemitraan bersama PT Akar Emas Semesta (AES) dengan memanfaatkan lahan perkebunan sawit yang sedang dalam proses replanting dengan luas total 6 hektar.

Berdasarkan laporan pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura (DTPH), kegiatan pemanenan kali ini merupakan panen yang kedua dengan total sebanyak 2500 batang jahe merah yang ditanam di dalam media polybag berbentuk karung. Uniknya, hasil panen tersebut tidak langsung dipasarkan namun diolah terlebih dahulu dalam bentuk serbuk/bubuk oleh ibu-ibu warga desa yang tergabung dalam UMKM binaan kelompok kerja (pokja) III PKK Kecamatan Muara Papalik.

Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan Muara Papalik Dian Hariani menyampaikan bibit jahe merah yang ditanam merupakan bibit lokal yang berasal dari parti tomo, betara. Olahan bubuk jahe merah produksi UMKM binaan Pokja III PKK ini memiliki 3 (tiga) varian rasa yaitu original, susu dan jahe merah yang juga dijual secara online melalui BRI Kcp Rantau Badak. Walhasil lanjutnya, ibu-ibu warga sungai muluk dan bukit indah dari hasil penjualan olahan tanaman rimpang itu, bisa membantu perekonomian keluarga.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Turun Langsung Kelapangan Cek Kondisi Boster PDAM Parit 2

Bupati anwar sadat saat menyampaikan sambutan, mengungkapkan rasa bangganya atas semangat dan kreatifitas ibu-ibu warga desa sungai muluk dan bukit indah tersebut. Menurutnya apa yang dilakukan ini patut dijadikan contoh baik oleh desa-desa lain dalam kecamatan muara papalik maupun seluruh desa yang ada di tanjung jabung barat.

“Saya bangga kepada ibu-ibu di desa sungai muluk dan bukit indah ini. Di tengah himpitan ekonomi akibat pandemi covid-19 ini, ibu-ibu mampu berbuat sesuatu yang produktif. Sikap dan mental seperti ini harus dijadikan contoh oleh desa lainnya. Saya selalu katakan, small is beautiful, kecil itu indah. Berbuatlah sesuatu yang meskipun awalnya merupakan hal kecil namun memiliki nilai serta manfaat yang besar,” ungkapnya.

Bupati menambahkan upaya yang dilakukan hari ini secara global merupakan terobosan dan solusi atas kondisi pandemi yang menghantam perekonomian indonesia dan khususnya kabupaten tanjung jabung barat. Maka lanjutnya sektor pertanian dan perkebunan merupakan pilar yang bisa diandalkan saat ini. Hal ini tentunya menjadi selaras dan sesuai dengan arahan dari bapak presiden terkait bagaimana sikap maupun upaya yang mesti dilakukan dalam menghadapi kondisi pandemi yang cenderung fluktuatif ini. Seluruh elemen pemerintah dan masyarakat harus pandai dan jeli membaca serta memanfaatkan setiap peluang terutama di saat kondisi penyebaran dan penularan virus corona sedang mengalami penurunan.

Baca Juga  Kunker KPTA Jambi, Launching Aplikasi, Inovasi serta MoU PA Kuala Tungkal dengan Forkopimda Tanjab Barat

“Lakukan pola gas dan rem. Artinya saat wabah corona ini sedang melambat, kita harus tancap gas dengan melakukan upaya-upaya pemulihan ekonomi mulai dari level keluarga hingga masyarakat luas,”imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, bupati dan ibu ketua pkk bersama wakil bupati dan ibu ketua gow melakukan pemanenan jahe merah secara simbolis yang dilanjutkan dengan peninjauan area pembibitan dan penanaman jahe merah yang dimotori oleh kepala desa sungai muluk, trimanto ini. Kepada bupati, kades juga menyampaikan bahwa selain jahe merah, warga juga mengembangkan budidaya ikan lele di kolam terpal. Bupati didampingi wabup juga menyerahkan bantuan bibit jagung dari Dinas TPH Tanjung Jabung Barat kepada perwakilan petani.

Sebelum pulang, Bupati beserta rombongan juga menyempatkan diri mengunjungi sentra pengolahan bubuk jahe merah dan mencoba secara langsung proses pengolahannya.

Turut hadir, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.IP, Sekretaris Daerah Haji Agus Sanusi beserta istri, Para Asisten dan Staf Ahli, Para Kepala OPD dan Kepala Bagian terkait, Camat Muara Papalik beserta istri, Kades dan perangkat desa sungai muluk dan bukit indah, Perwakilan PT Akar Emas Semesta Wilayah Jambi, Perwakilan Bank BRI KCP Rantau Badak dan tamu undangan lainnya. (*)

Share :

Baca Juga

Bisnis

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Bisnis

Inovasi Pandemi, Kopi Kuale Menjadi Wadah Berkarya Dan Berkreasi

Bisnis

Beli Bitcoin Di Usia 22 Tahun, Pemuda Tanjab Barat Berhasil Jadi Investasi Saham Dengan Jumlah Besar.

Bisnis

Bupati Tanjab Barat Dampingi Gubernur Jambi Tinjau Oleh-Oleh Khas Tanjab Barat

Bisnis

5 Kelebihan Jam Tangan Casio yang Undang Banyak Peminat

Bisnis

New Car Technology May Take The Wheel out of Human Hands

Bisnis

Escape to the Caribbean for Stress-Free Holidays

Bisnis

Carrageenan: Sustainability From Farm to Table
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!