LIVE TV
Polres Tanjab Barat Fasilitasi Pertemuan Pengecer BBM dengan Dinas Koperindag Kab. Tanjab Barat Breaking News,, Pria Ini Potong Leher Ayahnya Hingga Putus Kuala Tungkal di Hebohkan Dengan Tersebarnya Video Bentrok Antar Pemuda Kapolres Tanjab Barat Instruksikan Lakukan Pengecekan Minyak Goreng Menjelang Bulan Ramadhan Sat Polair Polres Tanjab Barat Kembali Patroli Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng

Home / Tanjab Barat

Selasa, 7 Desember 2021 - 17:36 WIB

Ketua Dekranasda Fadhilah Sadat Hadiri Kegiatan Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik di Muara Papalik

Liputantanjab.com – Ketua Dekranasda Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat menghadiri sekaligus membuka secara langsung Kegiatan Pelatihan Berbasis Kewirausahaan Membatik oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021 di Kecamatan Muara Papalik, Selasa (7/12).

Dalam Laporannya Kepala Dinas Tenaga Kerja Dianda Putra, S. STP, M. Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan/keahlian kepada komponen/kelompok masyarakat, untuk mengurangi angka pengangguran, dan untuk meningkatkan pemerataan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dianda menambahkan peserta pelatihan berbasis kewirausahaan membatik kali ini berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 10 orang dari Desa Dusun Mudo Kecamatan Muara Papalik, dan 10 Orang dari Kecamatan Tungkal Ulu.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kab. Tanjung Jabung Barat Hj. Fadhilah Sadat menyampaikan pelatihan membatik yang dilaksanakan ini merupakan program untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten, terampil dan bermental wirausaha, disamping itu pelatihan membatik ini juga dalam rangka melestarikan budaya serta meningkatkan inovasi dan kreatifitas masyarakat khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Batik merupakan salah satu komponen ekonomi kreatif pada sektor pengembangan ekonomi yang harus senantiasa ditingkatkan karena prospek pasar yang menjanjikan mengingat tren pada produk batik tersebut. Saya yakin usaha batik motif khas Tanjung Jabung Barat ini akan mampu bersaing dengan batik daerah lain, hal ini terbukti dari apresiasi positif dari masyarakat luar terhadap motif khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat sampai saat ini” ujarnya.

Baca Juga  Ketua Dekranasda Tanjab Barat Beri Apresiasi Besar Kepada Pengrajin Upih Pinang

Selanjutnya Ketua Dekranasda menambahkan Bagi pelaku usaha tetaplah aktif, yang artinya tetap melakukan kegiatan ini secara terus menerus atau berkelanjutan dan tidak putus asa jika kedepannya terdapat kendala.

“Karena jika kita ingin memberikan sesuatu nilai yang bermanfaat kita harus semangat dan tidak mudah menyerah dan tetap berusaha yang penting bagaimana batik ini diminati oleh masyarakat baik yang didalam daerah maupun luar daerah. Dan yang tidak kalah penting tentunya kita harus selektif dalam memilih bahan baku yang sangat baik mutunya sehingga ketika masyarakat ingin membeli mendapatkan batik dengan bahan yang berkualitas dan bagus tentunya dengan harga yang tidak mahal” Ucapnya.

“Kita juga harus kreatif dan produktif artinya kita harus memiliki pemikiran yang cemerlang dalam mengembangkan usaha batik daerah misalnya kecamatan muara papalik ini mempunyai motif tersendiri dan kita kembangkan lagi ide baru sehingga menghasilkan suatu karya seni yang indah seperti disini ada jahe merahnya jadi kita tuangkan imajinasi kita menjadi sebuah motif batik dan apa filosofinya dari motif tersebut,” tambahnya.

“Saya sendiri di Dekranasda sudah menciptakan beberapa cetakan motif batik beserta filosofinya, dan saya ingin setiap Kecamatan juga mempunyai motif batik ciri khas daerah beserta filosofinya dan terus berinovasi dalam mengembangkan usaha batik,” ungkapnya lebih lanjut.

Baca Juga  Pelantikan PC PMII dan Kopri Tanjab Barat, Bupati Anwar Sadat: Baca Peluang Yang Bisa Berinovasi

Menurutnya, pelaku usaha dan pengrajin harus siap menerima resiko dan menerima kritikan demi kemajuan usahanya. Ia juga sarankan agar terus mempromosikan produk melalui medsos agar lebih dikenal.

“Untuk itu saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan pelatihan berbasis kewirausahaan membatik yang dibuka pada hari ini. Saya berharap dengan bimbingan dari instruktur dan stake holder terkait, hingga pada akhirnya kita disini dapat membentuk sentra batik yang kita harapkan menjadi salah satu sektor pendukung utama upaya meningkatkan pendapatan atau perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

“Selamat kepada Disnaker yang cepat tanggap dan respon terhadap visi misi Bupati Tanjung Jabung Barat yaitu mengangkat perekonomian keluarga dan itu patut dicontoh oleh OPD yang lain. saya berpesan kepada para Camat dan Lurah bimbinglah para pelaku usaha dan pengrajin jangan dibiarkan dan harus dibina karena tanpa dukungan dari kita semua tentu ini tidak akan berjalan dengan sukses, dan saya ucapkan selamat kepada yang mengikuti pelatihan pada hari ini dan berpesan untuk dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh sungguh semoga ilmu yang didapatakan dapat bermanfaat untuk diri sendiri,keluarga dan masyarakat” Tutupnya.

Turut hadir pada giat tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Koperindag/Mewakili, Kepala Dinas PMD/Mewakili, Ketua DWP Disnaker, Camat Muara Papalik, Camat Tungkal Ulu, Lurah Pelabuhan Dagang, Kepala Desa Dusun Mudo, Peserta pelatihan dan undangan lainnya.(red)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Tanjab Serahkan LKPD Ke BPK

Tanjab Barat

Menjelang HUT Bhayangkara Ke-75, Kapolres bersama Bupati Dan Dandim Bagikan Sembako Kepada Masyarakat

Tanjab Barat

10 Desa Di Tanjabbar Jadi Lokus Stunting, Dapat Program Sanitasi Perdesaan

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tinjau Langsung Gedung Perkantoran Baru

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Segera Launching Car Free Day

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Dari Kementrian PPPA

Tanjab Barat

Tanjab Barat MoU bersama Tanjab Timur dan Indragiri Hilir

Tanjab Barat

Safari Jumat, Bupati Tanjab Barat Tambah 1500 Orang  Penerima Bantuan Guru Ngaji
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!