LIVE TV
Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn

Home / Tanjab Barat

Kamis, 9 Desember 2021 - 11:57 WIB

Bupati Tanjab Barat Hadiri Langsung  Hari Disabelitas Internasional, HKSN, dan Rakor SDM PKH

Liputantanjab.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang selengrakan di Hotel Cahya Kualatungkal dihadiri langsung oleh Bupati Tanjungjabung (Tanjab) Barat, Anwar Sadat, kamis (09/12/21).

Kegiatan yang sekaligus Rakor SDM PKH Kabupaten Tanjab Barat Tahun 2021 ini, juga dihadiri oleh Sekda, Kadis Sosial dan Dukcapil Provinsi, Kadis Dukcapil Tanjab Barat, Pimpinan LKS ACT Jambi, Peserta Rakor SDM serta para Calon Penerima Manfaat serta tamu undangan lainya.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Sosial Syarifudin melaporkan bahwa HDI setiap tanggal 3 Desember yang di Indonesia mengambil tema “Indonesia Inklusi, Indonesia tangguh,Indonesia tumbuh”.

Menurutnya, rangkaian kegiatan di Kabupaten Tanjab Barat berupa penyerahan bantuan peralatan disabilitas, bantuan sembako dan modal usaha bagi difabel.

Selanjutnya, kegiatan peringatan HKSN setiap tahunnya diperingati tiap tanggal 20 desember yang secara nasional pada tahun ini dipusatkan di Provinsi Bangka Belitung.

“Mempunyai makna dan spirit dalam menumbuhkembangkan kepedulian sosial terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung terlebih pada kondisi bencana non alam berupa pandemi covid 19 yang masih menjadi ancaman,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan Rakor SDM PKH di Kabupaten Tanjab Barat tahun 2021 dengan jumlah peserta 56 peserta pendamping program keluarga harapan bertujuan memberikan pembekalan kepada SDM pendamping PKH.

Baca Juga  Sekda Tanjab Barat : Festival Arakan Sahur Akan Kembali Digelar Tahun ini

“Agar lebih profesional tanggap terhadap persoalan yang dirasakan oleh keluarga penerima manfaat yang menjadi dampingannya serta memberikan informasi tentang langkah-langkah strategis dalam memberikan pelayanan secara terpadu dengan program-program yang berpihak kepada masyarakat kurang beruntung” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi yang diwakili Sekertaris Fadli STP, M. Si mengatakan Hanya Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjab Barat yang menyelenggarakan acara HKSN ini. “HKSN ini penting karena sebagai bentuk kepedulian kita kepada para kaum Duafa yang memerlukan penanganan dan uluran tangan kita,” ujarnya.

Selain mengucapkan terimakasih dan apresiasi, Sekertaris Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi juga mengatakan Tujuan dari acara ini adalah Kita mengevaluasi serta menindak lanjuti hal-hal yg belum tercapai. “Apa yang telah kita lakukan insyallah Bermanfaat,” katanya.

Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag mengucapkan terima kasih di momentum HDI dan HKSN serta Pelaksanaan Kegiatan Rakor SDM PKH di Kabupaten Tanjab Barat tahun 2021,

Baca Juga  Kesbangpol Tanjab Barat Sosialisasikan Pendaftaran Online Paskibraka di SMA N 1 Kuala Tungkal

“Saya ucapkan kepada semua pihak yang telah terlibat diberbagai program dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial di wilayah Tanjab Barat, sehingga program-program yang berpihak kepada masyarakat terutama bagi mereka yang kurang beruntung karena kecacatan dan ketidak berfungsian sosial, dan permasalahan kesejahteraan sosial dapat direalisasikan ditengah pandemi covid 19,” jelasnya.

“Peringatan bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam upaya menghormati, melindungi serta memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di semua aspek bidang kehidupan, baik sosial, politik, ekonomi, dan budaya,” tegasnya.

Lanjut Bupati, Sinergitas kegiatan HDI dan HKSN merupakan bentuk kepedulian kepada para du’afa memberikan bantuan bagi kelompok marginal bagi keluarga penerima manfaat dari berbagai kalangan yang memerlukan penanganan dan uluran tangan dari semua pihak.

Dalam hal ini pemkab Tanjab Barat telah berupaya melalui stakeholder yang ada, berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Tanjab Barat dalam upaya pemberian jaminan kesejahteraan sosial bagi keluarga penerima manfaat (KPM) atau masyarakat kurang beruntung baik melalui anggaran pusat, provinsi, dana desa maupun APBD Tanjab Barat pada tahun 2021. (*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Ikuti Diskusi Dengan PT QIS Indonesia, Minta SKK Migas Transparan

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Hpadiri Rapat Paripurna Pembahasan Nota Keuangan dan Raperda Tentang APBD 2022

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Hadiri Perpisahan Dan Lepas Tugas Kejari Tanjab Barat

Tanjab Barat

2 Mucikari Via Michat di Tungkal Ditangkap Polisi

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Tinjau Lokasi Musibah Angin Kencang Di Tungkal Harapan

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Beri Apresiasi Tinggi Terkait Peningkatan Pendapatan Daerah

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Laksanakan Safari Subuh di Masjid Sabilah Muhtadin

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Sambut Baik Program Sosialisasi dan Audiensi Sertifikasi Halal
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!