LIVE TV
Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Anggota DPRD Partai PAN Nova Anggun Sari dampingi Bupati Tinjau Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Tanjab Barat

Home / Tanjab Barat

Jumat, 22 September 2023 - 12:18 WIB

Bupati Lakukan Audiensi Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Pangan Tanjab Barat ke Bapanas RI

LIPUTANTANJAB.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag lakukan kunjungan dalam rangka Audiensi Penguatan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke Badan Pangan Nasional RI, Kompleks Kementrian Pertanian, Jakarta Selatan. Jumat (22/9).

Pada kunjungannya tersebut, Bupati disambut langsung oleh Kepala Biro Perencanaan kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmad Firdaus, S.Hut, MT, PhD,. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Nusantara II Lantai 4 Badan Pangan Nasional RI tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bapedda Kabupaten Tanjab Barat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Ketahanan Pangan Tanjab Barat, dan lainnya.

Disampaikan Bupati pada pertemuan tersebut bahwa Tanjung Jabung Barat termasuk Kabupaten dengan potensi rawan dalam hal ketahanan pangan, terutama beras. Hal tersebut menurutnya disebabkan banyaknya lahan masyarakat yang beralih fungsi menjadi perkebunan Kelapa Sawit, sehingga lahan yang diupayakan untuk memaksimalkan pertanian menjadi berkurang.

Baca Juga  Bupati Anwar Sadat Hadiri Acara Pembukaan Porprov ke XXIII Jambi 2023

Bupati juga sampaikan bahwa Pemkab Tanjab Barat telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung para petani beras, salah satunya melalui regulasi.

” Kami Pemerintah Daerah dalam rangka mensupport dan mengapresiasi petani kita membuat regulasi Bupati membeli beras petani untuk beras pegawai hal ini dalam rangka agar para petani termotivasi untuk menanam padi” Katanya

” Kita hanya punya Kecamatan Senyerang dan Kecamatan Pengabuan serta sebagian Kecamatan Tungkal Ilir yang produsen untuk mencukupi pasokan beras, ditambah Wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang pasang surut sehingga petani menanam Padi 2 kali dalam setahun sangat sulit karena Air Rob ( Air pasang) berlangsung di akhir dan awal tahun, makanya kita juga bekerjasama dengan Bulog agar mengambil beras dari petani” Tambahnya.

Baca Juga  RSUD Kuala Tungkal Diduga Lalai, Sebabkan Operasi Pasien di Jambi Terhambat

Dilanjutkannya, Kabupaten Tanjab Baratbyang merupakan tempat singgah karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu, mengakibatkan kebutuhan pasokan bahan pokok tidak dapat dipastikan.

” Berbatasan dengan 3 Kabupaten ini langsung yang dimana Kabupaten Tanjab Barat merupakan tempat singgah dan berbelanja hal ini membuat kita kurang bisa menghitung pasokan terutama beras dan kebutuhan pokok lainnya karena yang ada dan masuk akan langsung keluar ” tutupnya.

Menanggapi penyampaian Bupati, Prof Risfaheri menyampaikan, Badan Pangan Nasional kedepannya akan mendorong serta mendukung Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna memperkuat ketahanan Pangan di Tanjabarat, teemasuk stabilitas harga pangan dan peningkatan gizi melalui pengembangan potensi pangan lokal terutama pada aspek pertanian, perkebunan, dan perikanan.(rls)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tinjau Kesiapan Masjid Pastikan Ibadah Mematuhi Prokes

Tanjab Barat

Polres Tanjab Barat Selidiki Foto Bugil Viral di Facebook

Tanjab Barat

Bupati Anwar Sadat Pimpin Rakor Supervisi atas Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemda Tahun 2023

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Hadiri Rapat Paripurna Ketiga DPRD

Tanjab Barat

Pemerintah Subsidi Minyak Goreng, Ini Tanggapan Nova Anggota DPRD Tanjab Barat

Tanjab Barat

Ormas Rajawali Sakti DEMO Kantor PLN terkait seringnya Pemadam Listrik di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Turun Langsung Kelapangan Cek Kondisi Boster PDAM Parit 2

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Tinjau Langsung Pembangunan Jalan dan Jembatan di Kuala Betara
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!