LIVE TV
Fatayat NU dan GP Ansor Buka Bersama dan Berbagi Takjil di Kota Kuala Tungkal Kapolres Tanjab Barat Buka Puasa Bersama Panti Asuhan dan Purnawirawan Polres Tanjab Barat Gencar Razia Petasan Selama Bulan Suci Ramadhan Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn

Home / Tanjab Barat

Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:34 WIB

Bunda Paud Tanjab Barat, Usia 1-6 Disebut Generasi Emas

Liputantanjab.com – Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat H. Fadillah Sadat melaksanakan Silaturahmi sekaligus Pendampingan menuju Paud Holistic Integratif di Paud KB. Anggrek 1 Bengkinang Ujung, Kamis (28/10).

Turut hadir pada kunjungan tersebut Ketua Pokja Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Pengurus Pokja Bunda Paud, Pengurus dan Guru Paud KB Anggrek 1, Wali Murid dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa Paud merupakan sesuatu yang amat sangat penting karena menangani anak usia dini atau yang sering disebut para ahli dengan usia emas karena pendidikan diusia dini sangat menentukan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Jika di Paud tidak dikelola secara halus, rapi dan secara bijak maka jenjang selanjutnya akan bermasalah karena di tingkat Paud ini ada hal pokok yang sudah mulai dibentuk misalnya kaitannya dengan psikologis, kinestik, inteligensi, individu  dan sosialisasi anak makanya pemerintah sangat memperhatikan ini secara serius ” Ujarnya.

Ditambahkannya, terakhir ini ada satu konsep yang dibuat oleh pemerintah yaitu Paud Holistic Integratif yang artinya secara menyeluruh satu padu dari beberapa sektor seperti ada kesehatan, agama dan yang lainnya itu sangat penting. Makanya Bunda Paud dikurun waktu terakhir ini beliau sangat memperhatikan dengan serius.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah bisa berkumpul dan saya minta  orangtua benar benar memperhatikan anaknya diusia dini dengan serius, konsentrasi serta komitmen  dan abaikan yang lain. Kami juga menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan hari ini, Bunda Paud dan Pokja Bunda Paud juga berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan ini” Tutupnya.

Baca Juga  Kisah Inspiratif Badlan Bamon, Content om Creator Muda Sumedang

Sementara itu Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj. Fadillah Sadat mengatakan bahwa berdasarkan apa yang disampaikan oleh Kadis Dikbud mengenai Paud, bahwa Pendidikan anak Usia Dini itu sangat penting, bagaimana cara mendidik mulai dari usia dini 1-6 tahun yang juga disebut dengan Generasi emas.

Lebih lanjut, Fadilah Sadat sampaikan berdasarkan rencana pembangunan nasional yaitu program nasional berdasarkan Peraturan Presiden, Paud yang saat ini dituntut menjadi menjadi paud Holistic Integratif yang tidak hanya mengajari di bidang pendidikan tetapi menyeluruh dan terus menerus yaitu dari segi kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan anak dari Paud.

“Harus ditanamkan dari sekarang karena anak dari sekarang inilah yang bisa meneruskan generasi bangsa yang akan datang yaitu generasi yang berkualitas dan berdaya saing itulah program nasional yang diinginkan oleh presiden,” ujarnya.

“Untuk itulah guru-guru disini mungkin harus ada lagi Pembinaan, pelatihan untuk terus meningkatkan wawasan dan efisiensi dalam membina Paud misalnya cara menanamkan kasih sayang, ramah tamah dalam mengajari anak jadi  itu perlu latihan dan itu dari segi pendidikan dan perhatian kepada anak dalam mengajar sehingga tidak ada paksaan kepada anak paud dalam mengajar dengan itu anak akan dapat menangkap apa yang kita sampaikan,” tambahnya.

Baca Juga  Bupati Tanjab Barat Hadiri Perpisaha Santri Pondok Pesantren Al Baqiatush Solihat

Tidak hanya itu, menurut Bunda Paud Tanjab Barat, gizi dan makanan anak juga harus diperhatikan, misalnya sekali seminggu anak-anak PAUD diberikan makan tambahan yang bergizi dan juga dilakukan cek kesehatan kepada anak seperti berat badan dan tingginya jangan sampai terjadi stunting. Ia juga berharap agar semua pihak dapat bekerjasama dan bersinergi untuk mewujudkan generasi Paud yang berkualitas, sehingga anak anak tumbuh dewasa menjadi generasi yang sehat, cerdas, ceria, berkarakter, berakhlakul karimah karena itu sangat diperlukan sekali.

“Begitu juga dari segi perlindungan serta pemenuhan kesejahteraannya, jadi hak anak itu diperlukan perlindungan seperti  menjaga anak kita dirumah dengan baik dan menjauhkan dari  Hp dan mengurangi menonton Televisi karena anak usia dini  mudah sekali meniru sehingga  mengakibatkan sulit untuk menangkap pelajaran” Tambahnya.

“Dan juga kita berikan tentang pemahaman agama bagaimana berperilaku baik sehingga anak berakhlakul karimah karena agama pada anak usia dini sangat penting. Saya sebagai Bunda Paud sangat berterima kasih dan mengapresiasi sekali atas sambutan yang luar biasa dari guru dan anak anak paud” Tutup Bunda Paud.

Kegiatan diakhiri dengan, Penyerahan Buku Pinjam Pakai Dari Dinas Perpustakaan Diserahkan oleh Bunda Paud kepada Guru Paud KB Anggrek 1.(*)

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Usai di Tabrak Kapal, Sekda Tanjab Barat Cek Langsung Kerusakan Jembatan WFC

Tanjab Barat

Kabel Listrik dan Telkom Tidak Tertata di Balik Keindahan Kota Kuala Tungkal

Tanjab Barat

Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi ASN Dan TNI-Polri Kabupaten Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Membuka Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

Pemerintahan

Bupati Tanjab Barat Barat Menyambut  Baik Audiensi Pembangunan Konektivitas Dengan Pemprov Riau

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Buka Rakor Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem 

Tanjab Barat

Wabup Tanjab Barat Ikuti Sosialisasi SPI Tahun 2023 Secara Virtual

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Apresiasi Khitanan Massal, Peduli Membangun Generasi Yang Sehat
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!