LIVE TV
Harga Beras Normal dan Ketersediaan Stok Beras Mencukupi di Kab. Tanjab Barat Ribuan Masyarakat Tebing Tinggi Hadiri Kampanye Caleg DPRD Tanjab Barat NOVA ANGGUN SARI, SH, M.Kn Polres Tanjab Barat Ungkap Penyelundupan Sabu 3 Kg di Kuala Tungkal Kapolsek Hans Gelar Silaturahmi Bersama Forkopimcam dan Perusahaan Bahas Nataru dan Pemilu 2024 Kadiv Humas Polri Cek Kesiapsiagaan Personil serta Peralatan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Home / Sosial

Kamis, 16 Februari 2023 - 21:24 WIB

Mapala Pamsaka : Penangan Sampah di Tanjab Barat Harus Menjadi Perhatian Pemerintah

Foto : Pantauan Sampah Mahasiswa Pecinta Alam Kampus Stai An-Nadwah Kuala Tungkal Di Kawasan Kota dan Pesisir

Foto : Pantauan Sampah Mahasiswa Pecinta Alam Kampus Stai An-Nadwah Kuala Tungkal Di Kawasan Kota dan Pesisir

LIPUTANTANJAB.COM – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023 nanti, Mahasiwa Pecinta Alam Kampus Stai An-Nadwah Kuala Tungkal (Mapala Pamsaka), melakukan pengecekan sampah yang mulai bertambah dikasawan Kota dan pesisir di Kuala Tungkal, Kamis (16/02).

Sampah menjadi persoalan yang masih sulit di pecahkan khususnya di wilayah kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai daerah pasang surut tentunya berdampak pada kebiasaan masyarakat yang sengaja membuang sampah di kolong rumah dan aliran sungai.

Sampah menjadi persoalan yang masih sulit di pecahkan khususnya di wilayah kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai daerah pasang surut tentunya berdampak pada kebiasaan masyarakat yang sengaja membuang sampah di kolong rumah dan aliran sungai.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjab Barat mengungkapkan dalam sehari rata-rata produksi sampah masyarakat Tanjab Barat mencapai 239 ton perhari, Mayoritas sampah diproduksi dari rumah tangga, seperti plastik dan lain sebagainya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sendiri saat ini hanya mampu mengangkut 41 ton perhari dan selebihnya masyarakat membuang sampah tersebut ke anak sungai, bawah rumah dan ke laut.

Baca Juga  Relawan Mak Ganjar Tanjab Barat Bersama Majelis Al Huda Bermunajat untuk Kemenangan GAMA

Berdasarkan dari pantauan Mahasiswa Pecinta Alam Stai An-Nadwah Kuala Tungkal (Mapala Pamsaka) di kelurahan kampung Nelayan, Tungkal I, Tungkal II terlihat begitu parah di mana setiap kolong rumah dan aliran sungai tertumpuk oleh sampah plastik yang di biarkan begitu saja (sengaja di buang).

Ketua Rt 12 Kelurahan Tungkal II Rizal mengatakan memang sebagian besar masyarakat masih membuang sampah di kolong rumah dan aliran sungai, keterbatasan tempat sampah dan tempat sampah yang jauh yang menjadi penyebab masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya dan memang belum ada sosialisasi mengenai dampak dari sampah itu sendiri sehingga masyarakat kurang peduli.

“Kami berharap pemerintah bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, fasilitas tempat sampah di lorong – lorong yang tidak di lalui mobil petugas sampah, besar harapan petugas tidak hanya mengambil sampah di jalan besar tapi di setiap lorong juga ada petugas yang masuk untuk mengambil sampah di setiap rumah sehingga sampah tersebut tidak lagi terbuang ke kolong rumah, aliran sungai dan bisa terkelola dengan baik”, harapnya.

Baca Juga  1 Orang MD Akibat Tabrak Lari Di Wilayah Tungkal Ulu Tanjab Barat

Ketua Mahasiswa Pecinta Alam Stai An-Nadwah Kuala Tungkal Miftahul Amin mengatakan khusus terkait sampah di wilayah pesisir menjadi semakin kompleks. Aliran saluran, sungai semuanya bermuara pada wilayah pesisir kita. Pengelolaan sampah yang kurang baik di wilayah hulu akan terdampak pada wilayah hilir dan sampai di pesisir.

“Tentu saja masyarakat perikanan (nelayan) yang paling menerima dampak negatif jika tidak ada penanggulangan secara kolaboratif, belum lagi adanya tambahan sampah domestik, sampah industri dari kawasan pemukiman di pesisir, ini semua akan terdekomposit di pesisir dan lautan kita” jelasnya.

“Amin juga nembahkan dampaknya tentu berpotensi terhadap kesehatan ikan baik untuk pertumbuhannya maupun pada kualitas daging ikan tersebut, selanjutnya ikan tersebut dikonsumsi oleh kita dan generasi kita sendiri “tuturnya.

Dipenutup amin berharap penanganan sampah menjadi perhatian khusus oleh pemerintah, bahwa mencegah merupakan hal yang harus dilakukan mulai sekarang. (van)

Share :

Baca Juga

Sosial

Memperingati Hari Peduli Sampah, Relawan Peduli Sampah Surve Kawasan Sekiran Kuala Tungkal

Sosial

Karang Taruna Tanjab Barat Laksanakan Pembentukan Ketua KT Kecamatan

Sosial

Satgas TNI di Perbatasan Berikan Pengobatan Keliling Gratis

Sosial

Penggiat Lingkungan Bersama Mapala Pamsaka Harap Capres Atasi Isu Lingkungan Secara Konkrit

Sosial

Tepis Stigma Negativ, Kejaksaan Negeri Muaro Jambi Kunjungi LDII

Sosial

Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jambi Mengelar Uji Kompetensi Wartawan

Sosial

4 Pilar Plus Pendukung Akselerasi Vaksinasi Diberi Penghargaan Oleh Polres Bungo

Sosial

Relawan Mak Ganjar Tanjab Barat Bersama Majelis Al Huda Bermunajat untuk Kemenangan GAMA
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!