LIVE TV
Polres Tanjab Barat Fasilitasi Pertemuan Pengecer BBM dengan Dinas Koperindag Kab. Tanjab Barat Breaking News,, Pria Ini Potong Leher Ayahnya Hingga Putus Kuala Tungkal di Hebohkan Dengan Tersebarnya Video Bentrok Antar Pemuda Kapolres Tanjab Barat Instruksikan Lakukan Pengecekan Minyak Goreng Menjelang Bulan Ramadhan Sat Polair Polres Tanjab Barat Kembali Patroli Antisipasi Penimbunan Minyak Goreng

Home / Tanjab Barat / Sosial

Selasa, 22 Februari 2022 - 15:16 WIB

Memperingati Hari Peduli Sampah, Relawan Peduli Sampah Surve Kawasan Sekiran Kuala Tungkal

Liputantanjab.com – Dalam Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang Bertepat Pada Tanggal 21 Februari 2022, Relawan Peduli Sampah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Melakukan Surve Kondusi Lingkungan Sekitar Kota Kuala Tungkal, selasa (22/02).

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sendiri sampah juga menjadi persoalan yang belum terselesaikan, dalam sehari rata-rata produksi sampah masyarakat Tanjab Barat mencapai 239 ton perhari, dikutip dari radarjambi.co.id

“Mayoritas sampah diproduksi dari rumah tangga, seperti plastik dan lain sebagainya, dan saat ini DLH  sendiri hanya mampu mengangkut 41 ton perhari dan selebihnya masyarakat membuang sampah tersebut ke anak sungai, bawah rumah dan ke laut”.

Dijelaskan oleh Relawan Peduli Sampah, Seperti diketahui dampak dari persoalan sampah terhadap lingkungan sangatlah jelas, mulai dari pencemaran laut, pencemaran sungai, menghambat proses air tanah, pencemaran tanah dan membuat air serta tanah menjadi tidak sehat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca Juga  Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Saat Arakan Sahur Kopolres Tanjab Barat Tugaskan 78 Personil

Dari hasil surve di Kuala Tungkal kebanyakan masyarakat dominan membuang sampah dihalaman depan rumah atau dibelakang rumah yang merupakan sungai dan TPS yang tersedia tidak dapat dimamfaatkan seperti selaknya,  ucap relawan.

“Tidak hanya itu, saat sampah berada di daratan dan kemudian dibakar, banyak yang tidak menyadarinya bahwa hal itu ternyata juga menimbulkan kerusakan lingkungan yang baru”.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan penuh sampah ini juga secara langsung akan terdampak seperti lingkungan kotor, polusi sampah, yang bisa memicu terjadinya masalah kesehatan salah satunya yang paling mendominasi adalah gangguan pernapasan.

Serta, dampak berupa bencana hidrometeorologi juga bisa terjadi akibat penumpukan sampah ini. Gas metana yang dihasilkan dari sampah organik tidak terkelola akan meningkatkan terjadinya pemanasan global (global warning), lanjutnya.

Salah satu masyarakat yang peduli, mengatakan sangat berharap pemerintah peka terhadap ini, bisa menciptakan solusi dan aksi nyata terkait pengurangan sampah di Tanjab barat khusunya kuala Tungkal.

Baca Juga  TPP ASN Belum Cair, Harus Sekda Bertanggungjawab

“Selama ini kami hanya melihat pembuangan sampah dgn metode memindahkan ke TPA supaya tidak terlihat dan mengganggu ke indahan kota. Kita harus lebih serius lagi untuk melihat soal sampah dan bagaimana cara mengelola itu dengan baik lagi”.

Kerjasama pemerintah dan masyarakat juga harus terjalin dalam mengatasi persoalan ini,
Bagaimana menjalin kerjsama terhadap pengurangan, penggunaan kembali, dan daur ulang, harap masyarakat.

Maka dari itu, sebelum terlambat ayo kita sama-sama memulai untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan sekitar kita, mulai dari diri sendiri dan saling mengingatkan akan pentingnya lingkungan bagi masa depan bumi dan ekosistem untuk generasi yg akan datang.
Jangan tinggalkan noda keruskan yg kita buat untuk generasi, tutup relawan.

 

Penulis : Vanholand

Editor   : Lazuari Yudha

Share :

Baca Juga

Tanjab Barat

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Tanjab Barat

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Didampingi Ketua TP-PKK Hadiri Peringatan Isra Mi’raj di Desa Taman Raja

Tanjab Barat

Tersebar Video Pencuri Kotak Amal Masjid di Pembengis

Tanjab Barat

Pemkab Tanjab Barat Segera Launching Car Free Day

Tanjab Barat

Bupati Tanjab Barat Buka Rapat Sosialisasi Penyusunan Rencana Teknik Akhir Jalan Tol Jambi-Rengat

Tanjab Barat

Peringati Hari Lahir Pancasila, Polsek Tebing Tinggi bersama Forkopimcam dan PPTT Gelar Baksos

Tanjab Barat

Karang Taruna Tanjab Barat Lalukan Aksi Solidaritas Peduli Korban Kebakaran

Tanjab Barat

Wabup Hairan Pimpin Rapat Tahal Ketiga Qori,Qoriah Tanjab Barat
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!