LIVE TV
Kapolres Tanjab Barat Tinjau Penyaluran Bantuan Sosial BLT Subsidi BBM, Bantuan Sosial Sembako dan PKH di Kantor Pos Kuala Tungkal Polres Tanjab Barat Press Release Ungkap Kasus Narkoba Selama Tahun 2022 Belasan Ruko Hingga Rumah di Kawasan WFC Habis Terbakar WhatsApp, Hari Ini Pengguna Keluhkan WA Error Breaking News : Terjadi 3 Kali Musibah Kebaran di Kota Kuala Tungkal

Home / Ekonomi

Sabtu, 2 Oktober 2021 - 13:30 WIB

Bupati Dan Ketua TP PKK Tanjab Barat Ajak Semua Kalangan Lestarikan Batik Khas Daerah

Liputantanjab.com – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M.Ag, secara khusus sampaikan ucapan selamat hari batik nasional.

Bupati dan Ketua TP PKK Umy Hj. Fadhilah Sadarlt yang kerap terlihat memakai batik dalam berbagai kesempatan itu juga mengungkapkan jika batik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di Tanjung Jabung Barat sendiri.

“Hampir semua daerah di Indonesia memiliki corak khas masing-masing, yang tentunya memiliki filosofi tersendiri,” ujarnya.

“Di daerah kita pun juga begitu, Tanjung Jabung Barat juga memiliki motif atau corak khasnya sendiri, seperti kopi liberika, udang ketak, buah pidada, dan lainnya, dan semua itu juga memiliki arti setiap coraknya,” jelasnya.

Baca Juga  Wakapolres Alhajat dampingi Wabup dan rombongan Tinjau Vaksinasi di Polsek Tungkal Ulu

Bupati juga mengaku bahwa Pemkab Tanjab Barat terus berupaya dalam pengembangan batik di Tanjab Barat. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, pihaknya melalui Diskoperindag telah melaunching batik khas Tanjab Barat. Menurutnya, hal itu merupakan upaya Pemkab dalam melestarikan, mengembangkan, serta mempromosikan batik produksi UMKM di daerahnya.

Tidak hanya sampai disitu, melalui Peraturan Bupati ia mewajibkan setiap instasi/OPD memakai Batik khas Tanjab Barat setiap hari Kamis. Selain sebagai promosi batik Tanjab Barat, Hal ini juga dilakukan sebagai upaya mendongkrak ekonomi pembatik di Tanjab Barat.

Baca Juga  Sekda Tanjab Barat Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 Se-Provinsi Jambi

“Kita akan upayakan terus, bagaimana batik khas kita ini bisa terus berkembang dan dikenal, kita akan promosikan terus, event MTQ di Tanjab Barat ini juga salah satu peluang bagus untuk mempromosikan batik kita,” ujarnya.

“Sekali lagi, Selamat Hari Batik Nasional, Mari kita sama-sama melestarikan batik, khususnya batik khas kita Tanjung Jabung Barat,” pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Resmikan Sentra Industri Pengolahan Kelapa Terpadu dan Pelatihan Hilirisasi Kepala

Ekonomi

Pemkab Tanjab Barat Sidak Harga Sembako menjelang Hari Raya Idul Adha

Ekonomi

Ketua TP PKK Tanjab Barat Lakukan Kunjungan Panen P2L Kelompok Tani Husnul Khotimah

Ekonomi

Kedai Kopi Kuale Bersama Rumah Produksi Kopi Liberika Haji Bangun Ikut Meramaikan Jambi Kopi Week

Ekonomi

Pengembangan Wilayah Dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Ekonomi

Bupati Tanjab Barat Mengisi Kegiatan Pelatihan Teknis Non ASN Angkatan XXVII

Ekonomi

Dorong Kampanye Konservasi dan Potensi Wisata, Faji Tanjab Barat dan Para Penggiat Lakukan Ekspedisi

Ekonomi

Wabup Tanjab Barat Hadiri Puncak Festival Candi Muara Jambi XVI Tahun 2021
error: Maaf Jangan Biasakan Copas Berita !!